Imunisasi Polio Dengan IPV

Info Penanya, wanita 30 Tahun

Dok..mau tanya apa dampak jika anak imunisasi IPVnya lebih dr 1 kali dari jadwal seharusnya? Dilihat dari KIPI sampai saat ini (3 hari) tidak ada gejala apapun. Terimakasih

25 Oct 2018, 11:40 WIB
dr. Atika
dijawab oleh: dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan layanan TanyaDokter Klikdokter.

Inactivated Polio Vaccine (IPV) yaitu vaksin polio yang dibuat dari virus polio yang dimatikan dan diberikan dalam bentuk injeksi. Apakah beda antara vaksin polio yang diberikan secara injeksi tersebut (IPV) dengan yang diberikan secara oral (OPV)? IPV mengandung virus polio yang sudah dimatikan, sedangkan OPV mengandung virus polio yang dilemahkan. Kedua jenis vaksin ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Untuk membaca lebih lengkap mengenai hal ini, Ibu dapat membuka artikel kami pada tautan ini: Terobosan Dunia Media 2009 (5-in-1 Vaccine).

Adapun vaksin IPV memang didapatkan anak lebih dari 1 kali. Seberapa dekat jarak penyuntikan IPV yang Anda katakan 'berlebihan' itu? Secara normal hal itu tidak akan menyebabkan gangguan kesehatan pada anak, selain terjadi proses pembuatan imun terhadap polio yang meningkat. Apalagi bila Anda menyebutkan tidak terjadi KIPI pada anak, maka bisa dikatakan tidak ada masalah.

Bila Anda merasa khawatir, Anda dapat membawa anak untuk diperiksakan ke dokter spesialis anak agar pemeriksaan dapat dilakukan secara menyeluruh.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu. 

25 Oct 2018, 11:40 WIB