Nyeri Perut

Info Penanya, pria 31 Tahun

mengenai sakit perut salam kenal dokter, saya mau tanya mengenai sakit perut yang saya alami, kalau dipegang kadang seperti ada gelembung. kalau dilihat perut saya buncit dokter. saya beberapa kali ke dokter dan dokter umum yang memeriksa bilang saya kena asam lambung. Namun sakit ini terus berlangsung berbulan-bulan. sebagai informasi saya sebelum menikah saat haid tidak begitu sakit, namun setelah menikah setiap dapat haid selalu sakit, apakah ada masalah? apakah hal ini masih berhubungan dengan sakit perut yang saya alami

25 Oct 2018, 13:59 WIB
dr. Atika
dijawab oleh: dr. Atika

Terima kasih telah bertanya tentang penyebab sakit perut menggunakan layanan Tanya Dokter

Keluhan Anda adalah sakit perut. 

Sebelum menjawab pertanyaan Anda, perlu diketahui beberapa hal:

Bagaimana sifat rasa sakit? Apakah tajam, tumpul, berdenyut?Apa yang memicu rasa sakit?Apakah terdapat keluhan buang air besar atau buang air kecil?Apakah terdapat keluhan lain?

Memang untuk mengetahui suatu kondisi yang mendasari keluhan Anda maka diperlukan pemeriksaan yang menyeluruh, termasuk wawancara medis untuk mengetahui riwayat penyakit sebelumnya dan memperkirakan kemungkinan pemicu dan penyebab keluhan Anda. Selain itu, diperlukan pemeriksaan fisik mendetil untuk memeriksa bagian perut. Pemeriksaan tambahan seperti USG perut juga mungkin diperlukan untuk mengetahui kondisi bagian dalam perut. Pemeriksaan darah juga diperlukan untuk mengetahui apakah terdapat infeksi atau peradangan di dalam rongga abdomen.

Bila memang telah terdiagnosis mengalami maag, sudahkah Anda mengonsumsi obat secara teratur? Bagaimana dengan pola hidup sehat, sudahkah Anda mempraktikannya? Untuk mengatasi maag yang Anda dapat lakukan adalah :1. Hindari makanan pedas, terlalu asam dan yang mengandung gas (kol, sawi, minuman bersoda)2. Hindari dahulu konsumsi kopi atau teh.3. Makan sedikit-sedikit namun sering (porsi kecil dan sering) bisa hingga 5x dalam sehari4. Jangan terlambat makan (bawa bekal bila memang sulit untuk makan saat kerja)5. Usahakan dalam diet makanan yang sehat, banyak sayur dan buah, serta karbohidrat, lemak yang sehat (hindari makanan siap saji dan daging olahan seperti sosis, chicken nugget, hot dog)6. Coba hindari stres, coba alihkan ke kegiatan lain bila stres memang sangat menggangu.

Bila sudah minum obat namun kebiasaan di atas belum dilakukan, maka kemungkinan besar maag akan terus kambuh.

Jika dengan perubahan pola hidup masih tetap tidak memberikan hasil, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter agar dilakukan pemeriksaan dan penanganan dengan tepat.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

25 Oct 2018, 13:59 WIB