Keluar Darah Saat Hamil

Info Penanya, wanita 23 Tahun

Dok saya hani .. saya skrg ini sdng hamil usia 11minggu dok .. Nah td saya sempet ngflek dan itu sedikit .. Lalu stelah mnm obt penguat janin malah agak bnyk keluar darahnya dok 😟kira2 itu berbahaya tdk ya dok saya tkt dok Soalnya awall kahamilan saya thn lalu sempwt keguguran dok .. makasih dok

26 Oct 2018, 11:00 WIB
dr. Sepriani Timurtini Limbong
dijawab oleh: dr. Sepriani Timurtini Limbong

Terima kasih telah bertanya di fitur Tanya Dokter

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Apakah darah yang keluar sangat banyak seperti haid biasanya?Apakah warna darah tersebut, apakah merah terang atau merah kehitaman? Atau darah yang Anda sebutkan tersebut hanya keluar sedikit, berupa flek-flek? Sebab seseorang yang hamil tidak mungkin masih mendapatkan haid. Seseorang yang sedang hamil mungkin saja mengalami keluar flek-flek darah sedikit selama hamil, dan hal tersebut normal bila jumlahnya sedikit.

Flek-flek berwarna coklat kehitaman merupakan gambaran yang menunjukkan adanya perdarahan ringan pada sistem reproduksi istri Anda. Penting untuk diketahui bahwa semua bentuk perdarahan yang keluar dari kemaluan wanita (vagina) yang sedang dalam kondisi hamil perlu mendapatkan perhatian lebih. Flek-flek tersebut bisa jadi merupakan suatu pertanda adanya masalah serius dan berbahaya bagi kehamilan Anda. Namun, memang pada 20-30% wanita hamil terkadang dapat mengalami flek-flek perdarahan yang biasa terjadi di awal kehamilannya (3 bulan pertama kehamilan). Beberapa hal yang dapat menyebabkan timbulnya flek-flek selama kehamilan diantaranya adalah:

Melakukan hubungan seksual selama kehamilan. Biasanya flek-flek darah akan timbul setelah melakukan hubungan seksual saat hamil karena saat hamil serviks (leher rahim) wanita dialiri oleh lebih banyak darah dibandingkan oleh wanita yang tidak hamil, karena itu serviks wanita yang sedang hamil lebih mudah berdarahKeguguranKehamilan di luar kandungan (kehamilan ektopik)Blighted Ovum (BO). Merupakan suatu kelainan dimana janin di dalam rahim gagal untuk berkembangInfeksi saluran reproduksi oleh jamur, parasit, ataupun bakteriPlasenta previa atau Solusio plasenta (pelesapan plasenta dari dinding rahim). Merupakan penyebab perdarahan yang biasanya terjadi pada trimester kedua atau ketiga kehamilan.Kami menyarankan sebaiknya Anda memastikannya dengan dokter yang menangani Anda.

Demikian informasi ini kami sampaikan , semoga bermanfaat

26 Oct 2018, 11:00 WIB