Makan Nasi Merah Lebih Cepat Lapar

Info Penanya, pria 42 Tahun

saya mengganti mnu nasi putih menjadi nasih merah dalam 4 hari terakhir. Hal yang aneh terjadi, 3 jam setelah makan nasi merah rasa lapar berat datang, kenapa Dok? Padahal biasanya kalau sarapan nasi putihh pk.06.15, saya baru lapar pk.11.30. Stelah sarapannasi merah, pk.10.00 dah kelaperan. Makan siang biasanya lapar lagi pk. 18.0, setelah konsumsi nasi merah,sudah lapar lagi pk. 15.40an. Apa yang salah dengan perut saya ?

26 Oct 2018, 13:48 WIB
dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons
dijawab oleh: dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons

Terima kasih telah bertanya menggunakan fitur Tanya Dokter

Nasi merah sering dijadikan alternatif makanan pokok selain nasi putih. Bahkan nasi putih dijadikan asupan utama bagi mereka yang sedang berdiet atau menjalani pola hidup sehat.

Apa perbedaan nasi merah dengan nasi putih?

Nasi merah memiliki sejumlah perbedaan dengan nasi putih dari segi kandungan gizi, di antaranya:

  • Makronutrien

Beras merah dianggap sebagai salah satu jenis beras yang paling bernutrisi, karena proses produksinya tanpa pembuangan kulit. Satu gelas beras merah mengandung 218 kalori, 4.5 gram protein, 1.8 gram lemak, 3.5 gram serat, dan 45.8 gram karbohidrat. Sedangkan dengan porsi yang sama, beras putih mengandung 242 kalori, 4.4 gram protein, 0.4 gram lemak, 53.2 gram karbohidrat, dan 0.6 gram serat. Beras merah memiliki kandungan serat yang lebih tinggi dengan kalori yang lebih rendah jika dibandingkan dengan beras putih.

  • Vitamin

Beras merah merupakan sumber thiamine, niacin, dan vitamin B6 yang baik. Pada satu porsi beras merah mengandung 0.2 mg thiamine, 2.6 mg niacin, dan 0.3 mg vitamin B6. Beberapa beras putih yang dijual di pasaran kini menambahkan vitamin B yang umumnya hilang pada masa pengolahan. Vitamin B ini penting untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut.

  • Mineral

Setiap porsi beras merah dapat memberikan kandungan 86 mg magnesium (22% dari anjuran asupan harian) dan 150 mg fosfor (15% dari anjuran asupan harian). Sedangkan beras putih 'hanya' menyumbang 24 mg magnesium dan 69 mg fosfor. Magnesium penting untuk menjaga fungsi imunitas, jantung, dan saraf. Sementara fosfor dibutuhkan untuk menjaga kesehatan fungsi ginjal, tulang, dan gigi.

Mengapa konsumsi nasi merah lebih dianjurkan dibandingkan nasi putih?

Berdasarkan jurnal yang dipublikasikan di International Journal of Food Science and Nutrition tahun 2006, mereka yang makan beras merah memiliki kadar gula darah yang lebih rendah setelah  makan jika dibandingkan dengan beras putih. Mengapa? Hal tersebut dikarenakan indeks glikemik beras merah lebih rendah (55) jika dibandingkan dengan beras putih (86).

Indeks glikemik merupakan suatu kemampuan makanan untuk meningkatkan kadar gula di dalam darah. Indeks glikemik yang rendah mengindikasikan makanan tersebut lebih sehat dan aman untuk dikonsumsi penderita diabetes. Hal ini dikarenakan oleh kandungan serat, polifenol dan phytic acid yang lebih tinggi pada beras merah.

Dikarenakan kalori dan indeks glikemik beras merah lebih rendah daripada beras putih, maka konsumsi beras merah memang cenderung membuat lebih cepat lapar daripada beras putih. Konsumsilah buah-buahan sebagai selingan untuk menunda lapar.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat.

 

26 Oct 2018, 13:48 WIB