Varikokel

Saya tanyak dok,jika sudah oprasi ferikokel apakah saya msh bisa mempunyai keturunan?krn saya sdh nikah 10 bln blm dpt keturunan dan saya oprasi ferikokel sdh lama wkt sekitar usia 20 tahun.dan apakah bener ferikokel kl lama2 tdk d obati bisa jadi hernia?trimah kasih

Lihat Selengkapnya
pria, 32 Tahun26 Okt 2018, 07:58 WIB

dr. Devia Irine Putri

Dijawab oleh:

dr. Devia Irine Putri

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter untuk menanyakan mengenai Varikokel Pengaruhi Kesuburan. kami memahami kekhawatiran Anda. Ijinkan kami menjelaskan secraa singkat tentang varikokel.

Varikokel adalah pelebaran pembuluh darah vena pada skrotum (buah zakar) yang mempendarahi testis. Aliran darah di vena diatur dengan katup 1 arah yang mencegah aliran darah kembali. Fungsi katup yang terganggu atau penekanan dari pembuluh darah vena dapat menyebabkan pembesaran dari vena yang berujung terhadap pembentukan varikokel.

Penyebab dari varikokel ini diantaranya adalah idiopatik yang disebabkan karena fungsi katup vena yang tidak bekerja sempurna. Varikokel umumnya terjadi pada 15-20% pria dan penyebab gangguan kesuburan pada 40% pria. Penyebab lain adalah vakrikokel sekunder yang disebabkan oleh penekanan pada vena yang umumnya terjadi akibat keganasan di rongga panggul / perut. Biasanya terjadi pada pria di atas usia 40 tahun.

Pada pemeriksaan fisik dapat terlihat adanya pembengkakan pada skrotum dan rasa nyeri serta rasa berat. Jika dipegang, dapat terasa seperti kita memegang kantung yang berisi banyak cacing.

Tidak semua varikokel membutuhkan operasi, yang memerlukan operasi adalah :

  1. Jika varikokel tersebut dapat teraba (sudah cukup besar)
  2. Jika suami dan istri terbukti ada infertilitas
  3. Jika istrinya subur
  4. Jika hasil tes sperma pada laki-laki membuktikan adanya gangguan

Varikokel tidak berhubungan dengan terjadinya hernia. Varikokel dapat menyebabkan gangguan produksi sperma. Pria dewasa yang memiliki varikokel disertai analisis semen (kualitas dan kuantitas sperma) yang abnormal dan berniat untuk memiliki anak, maka disarankan untuk melakukan terapi pada varikokelnya, yaitu operasi. Repair atau perbaikan dari varikokel telah dibuktikan berdasarkan penelitian dapat memperbaiki kualitas dan kuantitas sperma atau dalam kata lain dapat memperbaiki kesuburan.

Jika Anda memang kesulitan memiliki anak setelah 10 bulan menikah, ada baiknya Anda dan pasangan berkonsultasi ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan utk dilakukan pemeriksaan lebih detail lagi.

Demikian informasi yang dapat diberikan, semoga bermanfaat. Salam sehat.

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

Mengatasi Varikokel

Dijawab oleh:dr. Sepriani Timurtini Limbong

Varikokel

Dijawab oleh:dr. Adeline Jaclyn

Gangguan Ereksi dan Varikokel

Dijawab oleh:dr. Sara Elise Wijono MRes

Benjolan di kantung kemaluan

Dijawab oleh:dr. Dyan Mega Inderawati

Operasi Varikokel

Dijawab oleh:dr. Sepriani Timurtini Limbong

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk