Darah Haid Sedikit

Info Penanya, pria 21 Tahun

Selamat sore dokter, saya mau bertanya. Pada tanggal 13 kemarin, saya mengeluarkan darah yang saya kira adalah haid, namun ternyata darah yang keluar tidak lebih dari 24 jam, kemudian pada tanggal 25 saya mengeluarkan darah lagi hingga hari ini. kalau boleh tahu kenapa bisa ada jeda seperti itu ya dok ?

28 Oct 2018, 16:58 WIB
dr. Astrid Wulan Kusumoastuti
dijawab oleh: dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

Terima kasih telah bertanya seputar Darah Haid Sedikit menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.com

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Jumlah darah haid yang sedikit dapat dipengaruhi oleh perubahan hormonal. Perubahan tersebut dapat berupa fluktuasi normal. Hal ini juga dapat dipengaruhi keadaan tertentu seperti stress fisik dan emosional atau pun karena pengaruh diet yang kurang bernutrisi.

Warna darah haid bisa berbeda-beda pada setiap wanita. Berikut adalah beberapa warna haid yang dapat Anda ketahui:

Merah terang merupakan darah haid yang baru saja dikeluarkan dari tubuh, biasanya akan keluar dalam jumlah yang sedikit.Merah pekat atau hitam pekat merupakan kondisi sel darah merah yang sudah lama atau tidak segera dikeluarkan oleh tubuh, di mana darah ini tersimpan di dalam rahim dalam periode tertentu. Hal ini biasanya terjadi pada wanita yang mengalami haid pada waktu bangun pagi, ketika darah ini tersimpan selama waktu tidur (malam hari).

Cokelat juga merupakan darah yang sudah lama. Darah ini biasanya terjadi pada waktu wanita mendekati masa selesai haid. Hal ini juga dapat berkaitan dengan darah yang tidak segera dikeluarkan oleh tubuh dan tertahan dirahim, namun beberapa jurnal menyatakan bahwa darah yang cokelat lebih sering terjadi pada wanita yang mengalami gangguan haid (misalnya memiliki siklus haid yang cenderung agak terlambat).

Oranye biasanya merupakan pencampuran pada sel epitel di leher rahim, atau juga dapat dikaitkan dengan adanya infeksi.Siklus haid normal berlangsung selama 21-35 hari, 2-8 hari adalah waktu keluarnya darah haid yang berkisar 20-60 ml per hari. Jika siklus haid masih dalam kisaran waktu di atas maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Namun, untuk mengatasi kekhawatiran Anda sebaiknya Anda memeriksakan kondisi tersebut ke dokter spesialis kandungan dan kebidanan untuk pemeriksaan lebih lanjut. Semoga bermanfaat.

Demikian informasi seputar Darah Haid Sedikit yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

28 Oct 2018, 16:58 WIB