Kontraindikasi Vaksin MR

Info Penanya, pria 26 Tahun

Malam dok.. Anak sya laki2 sekarang berumur 10bln dr umur 8blan dya sdah terkena campak alhamdulilah sdah berobat sembuh kemudian umur 9bln yg lalu anak sya terkena bisul dr awal dibadan sudah sembuh sekarang pindah ke daerah kepala dok .. Sampe sekarang anak sya belum imunisasi campak dok karena ragu2 takut n terkadang anak sya gatal2 bintik2 merah dibadan ( mungkin karena cuaca yg lgi panas). Dengan cerita gejala2 ⬆️⬆️ boleh gak dok saat bisulan gatel2 anak diimunisasi campak?? Terimakasih

01 Nov 2018, 12:18 WIB
dr. Atika
dijawab oleh: dr. Atika

Terimakasih telah bertanya tentang kontraindikasi vaksin MR melalui fitur Tanya Dokter.

Kondisi anak Anda bukan merupakan kontraindikasi vaksin MR. Vaksin MR (campak dan rubella) tidak boleh diberikan hanya jika anak mengalami:

Sedang mengalami demam tinggi atau penyakit serius lainnya (tidak sadar, mengalami kejang, dsb)

Sedang menjalani perawatan di RS

Memiliki riwayat reaksi alergi berat terhadap vaksin MR sebelumnya

Mengalami penyakit yang menurunkan sistem kekebalan tubuh (HIV/AIDS), dalam terapi steroid atau obat-obat yang menekan sistem kekebalan tubuh

Terkait dengan kejang, jika terdapat riwayat personal atau riwayat keluarga dengan kejang (orangtua atau saudara kandung), memang bisa terjadi setelah vaksinasi MR, akan tetapi risikonya sangat kecil.

Hingga kini, belum ada penelitian yang menemukan hubungan antara vaksin MR dengan kejang-kejang. Jikapun ada kejang, biasanya merupakan kejang demam, yang biasanya terjadi pada anak balita yang memang sebelumnya sudah memiliki kejang demam.

Oleh sebab itu, saat kondisi anak fit, sebaiknya segera divaksinasi MR.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar kontraindikasi vaksin MR. Semoga bermanfaat. 

01 Nov 2018, 12:18 WIB