Anak Terbentur di Pinggang

Info Penanya, wanita 28 Tahun

anak saya berumur 15 bulan, semalam jatuh dok kenak pinggir lemari kayu bagian pinggang, draba agak benjol dok dan lebam... Bahaya ga dok? Ada efek sampingnya ga buat anak saya kedepannya

01 Nov 2018, 13:43 WIB
dr. Atika
dijawab oleh: dr. Atika

Terima kasih telah bertanya menggunakan KLikDokter.com,

Kami memahami kekhawatiran Anda. Apakah konsistensi benjol yang terjadi, apakah lunak dan sepertinya berisi cairan? Bila ya, maka Anda dapat memberikan kompres untuk mengurangi pembengkakan dan lebamnya. Adapun bila benjolan keras, anak tampak sangat kesakitan, dan ada kemungkinan patahnya tulang, tentu hal ini bersifat lebih berat dan harus ditangani oleh dokter secara langsung. Bila hanya berupa lebam biasa, maka lebam akan segera hilang dan tidak mendatangkan efek samping pada anak untuk kedepannya.

Anda juga dapat melakukan beberapa hal berikut:

Kompres es batu : lakukan setiap 5-10 menit, lalu istirahatkan 5-10 menit berikutnya selama seharian. Es batu di balut dengan handuk kecil, lalu kompreskan pada mata yang memar terus secara perlahan-lahan. Pengompresan ini akan mengurangi pembengkakkan. Lakukan saat lebam baru terjadi.

Kompres air hangat : kompres ini dilakukan 1-2 hari setelah kompres es batu. Kompres air hangat juga dapat membantu memperlancar peredaran darah yang memar dan melebarkan pembuluh darah setempat.

Berikan obat antinyeri seperti parasetamol atau ibuprofen.

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat

 

01 Nov 2018, 13:43 WIB