Sulit Mendapat Keturunan

Info Penanya, wanita 20 Tahun

Dok saya mau bertanya teman saya yang sudah menikah selama kurang lebih lima tahun tapi belum juga mempunyai keturunan katanya setiap melakukan hubungan intim sperma suami tidak pernah masuk ? dan juga dia sering telat datang bulan sampai 2-3 bulan tidak menstruasi ? Bagaimana ya itu dok Terimakasih

02 Nov 2018, 10:19 WIB
dr. Sepriani Timurtini Limbong
dijawab oleh: dr. Sepriani Timurtini Limbong

Ibu/Saudari yang Terhormat, 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari Klikdokter. Kami memahami keinginan Anda untuk segera mendapatkan keturunan.

Jika setelah 1 tahun berhubungan seksual teratur (2 - 3x/minggu) tanpa menggunakan kontrasepsi namun kehamilan belum juga terjadi berarti kondisi tersebut sudah memenuhi kriteria infertilitas primer. Jika memang ada infertilitas primer, perlu dicari penyebabnya baik dari pihak suami maupun istri.

Pihak istri dapat melakukan pemeriksaan USG untuk mengetahui anatomi alat kandungan, mungkin pemeriksaan HSG (untuk mengetahui sumbatan saluran tuba), dan pemeriksaan hormonal (tergantung kebutuhan). Sementara pihak suami  dapat melakukan pemeriksaan analisis sperma (kualitas dan kuantitas).

Apabila pemeriksaan yang anda lakukan pada tanggal 7 Desember sudah cukup lengkap untuk memastikan tidak ada kelainan pada anatomi dan hormonal sistem reproduksi anda, mungkin penyebab infertilitas terdapat pada suami anda. Periksakanlah kualitas dan kuantitas sperma suami anda kepada dokter andrologi. Mungkin terdapat kelainan pada jumlah sperma suami anda sehingga sulit terjadi pembuahan setiap kali anda berhubungan.

Apabila benar terdapat kelainan yang ditemukan maka terapi yang diberikan sesuai dengan penyebab gangguan kesuburan tersebut. Jangan terlalu khawatir, angka kehamilan pasutri setelah 1 tahun pertama adalah 60% dan setelah tahun kedua adalah 90%. Ikuti pola hidup sehat, berhubungan intim teratur terutama pada masa subur, dan banyaklah berdoa kepada Yang Maha Kuasa.

Bagaimanakah menghitung masa subur? Masa subur adalah masa dimana telah terjadi ovulasi (pelepasan sel telur matang dari indung telur). .Untuk menghitung secara kasar masa subur Anda,Anda harus mengetahui berapa rata-rata siklus haid Anda. Jika siklus menstruasi berlangsung teratur, maka waktu terjadinya ovulasi pada seorang wanita sebenarnya dapat diperkirakan, yaitu sekitar 2 minggu sebelum terjadinya menstruasi berikutnya. Lakukanlah hubungan seksual terutama pada 3 hari sebelum waktu ovulasi hingga 3 hari setelah terjadinya ovulasi. Kemungkinan terjadinya pembuahan akan lebih tinggi jika anda melakukan hubungan seksual pada masa-masa itu.   

Selain itu, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mempersiapkan kehamilan, yaitu:

Hentikan segala kegiatan yang kurang baik. Hindari merokok, obat-obatan terlarang, dan alkohol Hindari juga konsumsi obat-obatan termasuk yang dijual bebas Menurut The Center for Disease Control (CDC), wanita yang berencana untuk hamil dianjurkan mengkonsumsi vitamin B dalam jumlah cukup dan asam folat sebanyak 400 mikrogram/hari agar dapat mengurangi risiko gangguan perkembangan otak embrio Asupan nutrisi yang adekuat, olahraga teratur, dan istirahat yang cukup Normalnya siklus menstruasi berkisar antara 21-35 hari dan berlangsung selama 3-7 hari. Siklus menstruasi yang berlangusng kurang dari 21 hari, seperti yang anda alami saat ini, dalam dunia kedokteran dikenal sebagai Polimenorea. Hal tersebut dapat disebabkan karena gangguan hormonal atau penyakit ovarium polikistik. Jika hal ini hanya terjadi satu kali, mungkin dapat disebabkan oleh beberapa hal yang menimbulkan ketidakseimbangan hormonal dalam tubuh anda, seperti anda terlalu stres, adanya masalah pekerjaan, masalah rumah tangga, kehidupan seksual, dll. Namun, jika hal tersebut terjadi berulang-ulang maka periksakanlah diri anda ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan agar dapat dipastikan penyebab sebenarnya.

Penggunaan susu ibu hamil tidak ada peranannya dalam meningkatkan kesuburan seorang wanita ataupun dalam mengatasi kelainan siklus menstruasi anda. Namun, tidak masalah jika anda ingin mengkonsumsi susu ibu hamil karena kandungan zat dalam susu dapat melengkapi asupan zat gizi yang anda butuhkan.

Demikian informasi yang dapat Kami berikan. Semoga bermanfaat

02 Nov 2018, 10:19 WIB