Perdarahan Setelah Suntik KB 3 Bulan

Info Penanya, wanita 28 Tahun

Dok saya mau tanya dok saya kb yg 3 bulan tapi saya ngeplek trus dok sampe 3 minggu bahkan ngeplek terus... Ituh knp ya dok.. Aph berbahaya

06 Nov 2018, 10:00 WIB
dr. Sepriani Timurtini Limbong
dijawab oleh: dr. Sepriani Timurtini Limbong

Terima kasih telah bertanya tentang Pendarahan Setelah KB Suntik menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. KB suntik hormon yang disuntikkan akan tersimpan dibawah lengan dan juga akan dilepaskan sedikit demi sedikit. Setiap individu memiliki respon masing-masing terhadap KB

KB suntik 3 bulanan mengandung progestin yang kerjanya serupa hormon progesteron wanita dalam tubuh. Efek samping yang umum terjadi pada penggunaan jangka panjang ialah:

Haid yang tidak teratur atau sedikit (flek-flek saja)Perdarahan di luar haidPeningkatan berat badanRasa cepat lelahDepresiKembungNyeri pada payudaraSakit kepalaHilangnya libidoBila Anda tidak nyaman dengan penggunaan KB yang saat ini digunakan maka Anda dapat mengganti metode kontrasepsinya. Pergantian kontrasepsi tentu saja dapat dilakukan jika memang diperlukan, misalkan karena efek samping yang kurang dapat diatasi (perdarah yang terus menerus akan menyebabkan anemia). Namun hal ini sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter Anda, dengan kondisi yang paling sesuai dengan Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar Perdarahan Setelah KB Suntik, semoga bermanfaat.

Salam,

06 Nov 2018, 10:00 WIB