Vertigo Pasca Cedera Kepala 10 November 2018 - Tanya Dokter Klikdokter.com
search

Vertigo Pasca Cedera Kepala

2 bulan yang lalu saya jatuh dan kepala bagian belakang saya membentur keramik dapur, hasil ct scan baik tidak ada pemdarahan,tapi semenjak itu setiap saya membaringkan kepala saya vertigo muncul, itu berlangsung setiap saya berbaring,tidak lama,tapi sangat mengganggu, apa yg harus saya lakukan dok? saya sudah tidak mengonsumsi obat dokter lagi,saya juga bisa aktifitas normal,hanya waktu berbaring vertigo itu muncul.terima kasih

Lihat Selengkapnya
wanita, 37 Tahun10 Nov 2018, 03:15 WIB

dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

Dijawab oleh:

dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

Terima kasih telah bertanya seputar gejala Vertigo pasca cedera kepala menggunakan fitur KlikDokter.com

 

Vertigo adalah gejala umum yang terjadi pada individu yang mengalami cedera pada kepala, leher, maupun persimpangan craniocervical. Angka kejadian vertigo pada pasien cedera kepala berkisar 55%. Insiden vertigo yang terjadi setelah cedera kepala sekitar 40-60% biasanya terjadi setelah cedera kepala ringan dan sedang.

Vertigo seringkali dinyatakan sebagai rasa pusing, sempoyongan, rasa melayang, badan atau dunia sekelilingnya berputar-putar dan berjungkir balik. Vertigo disebabkan karena alat keseimbangan tubuh tidak dapat menjaga keseimbangan tubuh dengan baik.

Vertigo pasca cedera kepala dapat terjadi akibat kerusakan telinga bagian dalam, n VIII, vestibular sentral atau adanya kesalahan pilih input sensoris yang dibutuhkan untuk keseimbangan sempurna.

Vertigo pasca cedera kepala merupakan suatu gejala yang muncul setelah cedera kepala ringan, merupakan bagian dari post-concussion syndrome. Post-concussion syndrome merupakan kumpulan gejala yang terdiri atas nyeri kepala, pusing (dizziness), iritabilitas, mudah lelah, ansietas, gangguan memori yang merupakan sequele setelah cedera kepala ringan tertutup.

Untuk keluhan Vertigo anda, apabila memang dirasa mengganggu aktifitas, tentu saja perlu penanganan lebih lanjut, baik itu dalam bentuk diagnosis atau bahkan sampai dengan tatalaksana.

Maka dari itu, kami sarankan Anda berkonsultasi dengan Dokter Spesialis Syaraf agar dapat dilakukan wawancara, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan lebih lanjut mengenai keluhan vertigo anda, sehingga akan disimpulkan suatu diagnosis yang nanti akan mendapat terapi yang lebih tepat.

Demikian informasi seputar keluhan Vertigo pasca cedera kepala yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

Sering Pusing

Dijawab oleh:dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons

Pusing Keleyengan

Dijawab oleh:dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons

Penyebab Nyeri Kepala

Dijawab oleh:dr. Atika

Pengobatan Vertigo

Dijawab oleh:dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

Pusing Saat Perubahan Posisi

Dijawab oleh:dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat