Tangan bergetar

Info Penanya, pria 22 Tahun

saya mengalami tangan bergetardan ini sudah sangat lama, seingat saya usia 12 tahun, apa lagi kalau setelah mangangkat beban yg lumayan berat(mulai 3kg) akan sagat kelihatan kalau tremor, dan saya gampang kaget bahkan dengan suara raket pembunuh nyamuk yang saya pegang sendiri (setiap bunyi saya kaget). any suggest ?

12 Nov 2018, 13:33 WIB
dr. Adeline Jaclyn
dijawab oleh: dr. Adeline Jaclyn

Terima kasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter di KlikDokter. 

 

Kami memahami kekhawatiran Anda.   

Gemetar yang Anda rasakan biasanya disebut dengan tremor, ialah suatu gerakan gemetar yang berirama dan tidak terkendali, yang terjadi karena otot berkontraksi dan berelaksasi secara berulang-ulang. Biasanya setiap orang mengalami tremor fisiologis, meskipun kadang sangat ringan sehingga tidak dihiraukan. Tremor terjadi karena adanya gangguan pada persyarafan yang menuju ke otot yang dipersyarafi syaraf tersebut. 

Tremor dikelompokkan berdasarkan kecepatan dan irama gerakannya, dimana dan seberapa sering terjadi serta beratnya: 

Tremor aksi, terjadi ketika otot dalam keadaan aktif. 

Tremor istirahat, terjadi ketika otot sedang beristirahat. Meskipun penderita sedang beristirahat total, lengan atau tungkainya bisa terus gemetaran. Tremor ini bisa merupakan pertanda dari penyakit Parkinson. 

Tremor yang disengaja, terjadi jika seseorang membuat gerakan yang disengaja. Tremor ini bisa terjadi pada seseorang yang memiliki kelainan pada serebelum (otak kecil) atau penghubungnya. Yang sering menyebabkan terjadinya tremor ini adalah sklerosis multipel. Tremor yang disengaja juga bisa terjadi pada penyakit neurologis lainnya, stroke atau alkoholik menahun. Tremor yang disengaja lebih lambat daripada tremor esensial serta menyebabkan gerakan yang lebih luas dan serabutan. 

Tremor esensial merupakan tremor yang biasanya mulai timbul pada masa dewasa, yang secara perlahan menjadi semakin nyata dan tidak memiliki penyebab yang pasti. Tremor esensial biasanya bersifat ringan dan tidak menunjukkan adanya penyakit yang serius, tetapi bisa mengganggu, yaitu mempengaruhi tulisan tangan, menyebabkan kesulitan dalam menggunakan perkakas dan mempermalukan penderitanya. Keadaan ini bisa diperberat oleh stres emosional, kecemasan, kelelahan, kafein atau obat perangsang yang diresepkan oleh dokter. Obat-obatan (terutama untuk asma dan emfisema) juga bisa memperburuk tremor esensial. 

Tremor senilis adalah tremor esensial yang timbul pada usia lanjut. 

Tremor familial merupakan tremor esensial yang terjadi di dalam satu keluarga. 

Melihat usia Anda kemungkinan yang Anda alami ialah tremor aksi, keadaan tersebut sering disebabkan akibat:

Beban yang diangkat melebihi kemampuan normal otot

Kurangnya pemanasan sebelum melakukan pekerjaan

Kurangnya asupan vitamin neurotropik seperti B komplek dan B12

Kami sarankan agar Anda mengantisipasi kemungkinan penyebab tremor yang Anda alami. Namun jika keluhan dirasa semakin berat, sebaiknya Anda berkonsultasi kepada dokter spesialis penyakit Syaraf untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Demikianlah jawaban yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat. 

 

Salam sehat.

12 Nov 2018, 13:33 WIB