Vaksin TT

Info Penanya, wanita 26 Tahun

Selamat malam dok, saya ingin bertanya saat ini saya sedang hamil uk 36 week dok. Selama hamil saya baru 1x suntik TT dok. Jd d sarankan ut suntik TT yg k 2 tgl 7 kmren dok. Sedangkan sekarang udah lewat beberapa hari dan hampir mendekati EDD tgl 03 des dok? Apakah saya masih bisa mendapatkan vaksin TT yg k2 dok?

14 Nov 2018, 00:05 WIB
dr. Astrid Wulan Kusumoastuti
dijawab oleh: dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

Terima kasih telah bertanya seputar Vaksin TT menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.com

Kami memahami kekhawatiran Anda. Vaksin TT masih diwajibkan untuk ibu hamil dan tidak dihapuskan. Sehingga walaupun sudah terlambat dari jadwal yang seharusnya sebaiknya pemberian vaksin TT dapat dikomunikasikan lagi dengan dokter kandungan Anda yang biasanya melakukan pemeriksaan. Vaksin TT (Tetanus Toksoid) dianjurkan pada wanita terutama untuk mencegah terjadinya tetanus neonatorum (tetanus pada bayi) dan sebaiknya diberikan pada wanita yang tidak melengkapi 3 kali imunisasi dasar atau 10 tahun booster. Tidak ada batasan waktu dalam imunisasi ini, Anda bisa melakukan imnisasi pada waktu kapanpun, namun disarankan 1 kali sebelum menikah, dilanjutkan 2 kali pada saat kehamilan.

Imunisasi TT diberikan sebagai suntikan dalam otot, dapat pada daerah bokong maupun pada lengan atas. Syarat lokasi penyuntian salah satunya adalah tidak adanya infeksi pada tempat penyuntikan tersebut, pasien tidak sedang dalam keadaan sakit lain dengan gejala demam, dll.

Demikian informasi seputar Vaksin TT yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

14 Nov 2018, 00:05 WIB