Pengobatan Penyakit Prostat

Info Penanya, pria 65 Tahun

Ayah saya sudah pernah operasi di bagian kantong kemihnya beberap tahun yang lalu dan sekarang perut bagian bawah rasanya nyeri terus juga sempat kencing campur darah dan sering demam, pas ckeck up terakhir dokternya menyarankan untuk operasi dikarenakan sakit Prostat. Lalu tindakan yang seperti apa untuk penyembuhannya? apakah harus melakukan operasi yang ke 2 kali? melihat kondisi fisik ayah saya sudah lemah apakah memungkinkan?

14 Nov 2018, 01:52 WIB
dr. Dyan Mega Inderawati
dijawab oleh: dr. Dyan Mega Inderawati

Terima kasih telah bertanya tentang Pengobatan Penyakit Prostat melalui fitur Tanya Dokter

Mohon maaf atas keterlambatan kami menjawab pertanyaan Anda.

Prostat adalah kelenjar pada pria yang terletak mengelilingi leher dari kandung kemih bagian bawah dan di uretra (saluran kemih). Fungsi dari prostat adalah memproduksi cairan prostat yang merupakan cairan utama dari semen ketika pria ejakulasi. Ada 3 kondisi yang dapat terjadi pada prostat yaitu :

1. Pembesaran prostat (Benign Prostat Hiperplasia/BPH)

2. Prostatitis (peradangan pada kelenjar prostat)

3. Kanker prostat

Gangguan prostat dapat ditandai dengan gejala obstruktif dan iritatif. Gejala obstruktif meliputi stream (gangguan pancaran aliran kencing), voiding (perlu mengedan ketika kencing), hesitency (jika sudah ingin merasa kencing, air kencing tidak dapat segera keluar), intermitency (air kencing terputus-putus), bladder emptying (tidak lampias), incontinence (mengompol). Gejala iritatif ditandai dengan urgency ( tidak dapat menahan kencing), nocturia (jumlah kencing di malam hari meningkat), diuria (jumlah kencing di siang hari meningkat).

Jika terjadi masalah atau gangguan pada prostat, maka penanganan yang dapat diberikan dokter adalah pemberian obat atau operasi. Namun untuk penanganan yang tepat, kami sarankan sebaiknya periksakan keluhan ayah Anda kepada dokter Spesialis Urologi agar dapat dievaluasi lebih lanjut mengenai keluhan yang dialami agar dapat segera diambil tindakan terhadap penyebabnya.

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan seputar Pengobatan Penyakit Prostat. Semoga bermanfaat.

14 Nov 2018, 01:52 WIB