Sakit Perut dan Keluar Darah dari Vagina

Info Penanya, wanita 23 Tahun

Malam dok. Saya mau tanya. Jadi kemarin pagi saya bangun tidur lalu saya buang air kecil seperti biasa. Setelah itu saya kembali ke kamar, lalu tiba tiba perut saya sakit sekali skala nyeri 5 dengan durasi 1-2 menit. Rasa sakit nya bukan seperti sakit perut biasa. Rasanya perut didalam ter acak acak. Setelah 1-2 menit rasa nyeri nya reda. 15 menit kemudian saya buang air kecil lagi dan terdapat sedikit gumpalan darah. Saya pikir haid. Tapi ternyata tidak dok. Itu kenapa ya dok?

15 Nov 2018, 09:44 WIB
dr. Sepriani Timurtini Limbong
dijawab oleh: dr. Sepriani Timurtini Limbong

Terima kasih sudah bertanya mengenai cairan darah di vagina menggunakan fitur tanya dokter di Klikdokter.

Dengan demikian jelas, bahwa keluarnya cairan dari vagina berupa darah merupakan hal yang tidak normal ditemukan selain waktu menstruasi. Darah bukan termasuk dalam definisi keputihan sehingga perlu diyakinkan kembali apakah darah tersebut timbul akibat iritasi/trauma/infeksi pada alat genitalia Anda ataukah merupakan perdarahan dari organ reproduksi yang lebih dalam (rahim). Untuk itu janganlah takut untuk berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan Anda karena terapi optimal baru dapat diberikan setelah diketahui penyebabnya.

Apabila dari pemeriksaan cairan keputihan benar ditemukan adanya infeksi, maka dokter akan memberikan Anda terapi antikuman yang disesuaikan dengan kuman penyebabnya, begitu pula dengan hasil pemeriksaan lainnya. Bagaimanapun, sebaik-baiknya terapi adalah disesuaikan dengan penyebabnya. Adapun beberapa hal yang perlu mendapat perhatian yaitu:

Sering mengganti celana dalam apabila berkeringat atau lembab

Hindari penggunaan celana ketat yang terbuat dari bahan yang tidak menyerap keringatapabila ingin menggunakan panty liner pilihlah yang tidak mengandung pengharum dan tidak digunakan selama lebih dari 4-6 jam

Hindari penggunaan produk pembersih kemaluan yang dapat menyebabkan perubahan keasaman dan keseimbangan bakteri dalam liang kemaluan Andabila hendak membilas setelah buang air kecil, lakukanlah dengan arah dari depan ke belakang menggunakan handuk.

Kami menyarankan Anda untuk memeriksakan diri ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk mengetahui keputihan Anda disebabkan oleh apa dan untuk mengetahui kondisi kesehatan organ kewanitaan Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.   

15 Nov 2018, 09:44 WIB