Perut Sering Kencang

halo dokter saat ini kehamilan saya sdh sampai 27 minggu dengan kondisi : 1. tulang vagina saya nyeri dari usia kehamilan 3 bulan (setiap mau pindah posisi dari tidur atau mau duduk sangat nyeri) 2. keputihan bewarna putih susu 3. baru2 ini saya mengalami perut terasa kencang dan janin gerakannya terasa sangat aktif. lalu dokter kandungan saya melakukan USG transvaginal ternyata panjang serviks saya 3cm. menurutnya jika serviks saya kurang dari 2,5 cm harus melakukan pengikatan serviks. berhubung belum sampai tahap tsb saya diberikan obat proterine yang ingin saya tanyakan 1. obat tersebut harus saya habiskan atau tidak. karena apoteker bilang jika terjadi kejang perut saja. saya lupa bertanya kepada dokter kandungan saya waktu itu apakah harus saya habiskan. 2. sementara ini apakah saya harus bedrest total mengingat saya masih bekerja. 3. perut terasa kencang itu apakah karena gerakan janin yang begitu aktif dok? dan apakah membahayakan dok? sebelumnya terimakasih atas jawaban dokter.

Lihat Selengkapnya
pria, 29 Tahun16 Nov 2018, 07:46 WIB

dr. Devia Irine Putri

Dijawab oleh:

dr. Devia Irine Putri

Terimakasih sudah bertanya seputar masalah kehamilan dengan menggunakan fitur Tanya Dokter dari Klikdokter.com

Kami memahami kekhwatiran Anda. Yang pertama, proterine mengandung isoxsurpine hydrochloride. Obat ini memiliki efek relaksasi pada otot-otot rahim, karena itu diindikasikan pada perempuan hamil dengan risiko kelahiran prematur. Apakah Anda sering merasakan perut kencang? Adanya kontraksi rahim berisiko mengakibatkan kelahiran prematur. Jika iya, maka pemberian obat ini sesuai indikasi. Isoxsuprine juga memiliki efek sebagai vasodilatasi perifer sehingga menurunkan resistensi pembuluh darah perifer. Obat tersebut dapat Ibu minum jika ada keluhan.

Yang kedua, Anda perlu istirahat yang cukup, terutama jika kontraksi pada perut semakin sering (dan bisa jadi disertai dengan flek - flek perdarahan). Yang ketiga, pada kehamilan, kandungan ( uterus) mulai membesar karena perkembangan janin di dalamnya. Uterus yang terletak di dalam rongga perut akan menekan organ sekitarnya seperti usus, lambung, kandung kemih dsb, hal inilah yang mungkin membuat ibu merasa kurang nyaman seperti nyeri pada perut dan pinggang, rasa pegal-pegal, ingin sering berkemih, dsb, terlebih jika janin bergerak dan menendang sehingga menyenggol syaraf-syaraf nyeri disekitar perut.

Keadaan tersebut adalah normal selama saat kontrol ibu dan buah hati, kesejahteraan keduanya dalam baik-baik saja. Namun jika Anda merasakan kejanggalan dan membuat Anda dan keluarga was-was, maka sebaiknya Anda segera berkonsultasi kepada dokter untuk mendapatkan pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut. Kami sarankan jangan mengurut atau pijat di bagian perut untuk menghindari efek yang tidak diinginkan.

Demikian informasi yang dapat diberikan semoga bermanfaat. Salam sehat.

 

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

Perut Kencang Saat Hamil

Dijawab oleh:dr. Nadia Octavia

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk