Penyebab LED Meningkat

Info Penanya, pria 20 Tahun

Dok, saya mau naya? kenapa nilai LED pada penderiita meningkat?

16 Nov 2018, 08:43 WIB
dr. Devia Irine Putri
dijawab oleh: dr. Devia Irine Putri

Terimakasih sudah bertanya seputar masalah peningkatan LED dengan menggunakan fitur Tanya Dokter dari Klikdokter.com

Laju endap darah (LED) adalah kecepatan sel darah merah berpresipitasi atau mengendap dalam jangka waktu 1 jam. Nilai LED mencerminkan ukuran cepatnya darah mengendap. Makin banyak sel darah merah yang mengendap maka nilai LED akan semakin meningkat. Peningkatan nilai LED tidak spesifik hanya terjadi pada satu penyakit saja. Terdapat beberapa keadaan yang dapat menyebabkan peningkatan nilai LED, yaitu:

  1. Penyakit infeksiPenyakit keganasan/kanker
  2. Terjadi reaksi peradangan di tubuh
  3. Pasien anemia/kurang darah
  4. Orang normal : orangtua, perempuan, wanita hamil

Nilai LED tinggi dapat terjadi pada orang normal, dan sebaliknya seseorang yang menderita penyakit dapat memiliki nilai LED yang normal. Oleh sebab itu pemeriksaan ini tidak dapat berdiri sendiri dan hanya merupakan pemeriksaan penunjang. Kami tidak dapat memberikan pengobatan tanpa adanya pemeriksaan fisik secara langsung, oleh karena itu kami sarankan Anda untuk pemeriksaan fisik secara langsung dengan dokter spesialis penyakit dalam agar dapat diketahui penyebabnya.

Untuk dapat menormalkan nilai LED yang tinggi, tentu saja penyakit dasar/penyebab harus diobati sehingga nilai LED dapat kembali normal. Sebagai contoh, apabila terjadi infeksi demam tifoid/tifus, akan didapatkan nilai LED yang meningkat. Terapi untuk menurunkan nilai LED pada kasus ini tentu saja dengan mengobati penyakit dasarnya, yaitu demam tifoid. Begitu pula apabila terdapat anemia, maka anemia tersebut harus ditangani untuk menormalkan LED.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan mengenai peningkatan LED. Semoga bermanfaat, salam sehat.

16 Nov 2018, 08:43 WIB