Sakit Perut dan Diare Setelah Konsumsi Telur Bebek

Info Penanya, pria 35 Tahun

Dokter kenapa setiap makan telur bebek saya mengalami sakit perut dan menceret

16 Nov 2018, 08:44 WIB
dr. Devia Irine Putri
dijawab oleh: dr. Devia Irine Putri

Terimakasih sudah bertanya seputar masalah sakit perut dan diare setelah makan telur bebek dengan menggunakan fitur Tanya Dokter dari Klikdokter.com

Kami memahami kekhawatiran Anda. Jika boleh tahu, sejak kepan Anda mengalami hal tsb? Apakah Anda ada riwayat alergi sebelumnya (baik alergi makanan, debu, dingin, obat, dll)? Jika Anda tidak mengetahui alergi apa saja, ada baiknya Anda berkonsultasi ke dokter dan melakukan cek alergi agar mengetahui apa saja yang harus dihindari.

Sakit perut dan diare dapat saja merupakan reaksi dari sebuah alergi atau bentuk suatu keracunan makanan. Jika Anda mengalami sakit perut dan diare, lakukan beberapa hal dibawah ini selama 24 jam pertama :

1. Banyak minum cairan secara perlahan-lahan/sedikit demi sedikit. Hindari minuman manis, alkohol maupun minuman mengandung kafein karena dapat memperparah diare. Teh dengan lemon atau jahe dapat membuat rasa nyaman dan membantu mengurangi gejala

2. Hindari obat-obatan herbal yang tidak jelas karena dapat memperparah kondisi

3. Setelah gejala-gejala berkurang, perhatikan asupan nutrisi. Makanlah sedikit demi sedikit makanan yang agak padat namun lembut (kentang, roti, nasi yang tidak keras) dan hindari makanan berbumbu.

4. Hindari penggunaan obat-obatan yang tidak diketahui kegunaannya agar tidak memperparah kondisi

5. Jika benar Anda alergi terhadap telur bebek, ada baiknya mulai sekarang Anda harus menghindarinya agar tidak muncul gejala serupa kembali.

Demikian informasi yang dapat diberikan, semoga bermanfaat, Salam sehat. 

 

16 Nov 2018, 08:44 WIB