Nyeri perut disertai mual, ada apa?

Info Penanya, wanita 27 Tahun

Saya mau tanya dok, sering perih di perut bagian bawah sampai ke kiri Kadang disertai mual. Itu termasuk gejala apa dok?

17 Nov 2018, 22:26 WIB
dr. Melyarna Putri
dijawab oleh: dr. Melyarna Putri

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Perlu diketahui bahwa begitu banyak penyebab yang dapat menimbulkan keluhan rasa tidak nyaman di daerah perut. Pada umumnya keluhan ini berkaitan dengan organ lambung, namun keluhan pada ulu hati juga bisa disebabkan oleh gangguan pada organ lain seperti usus, hati dan saluran bilier. Seorang dengan keluhan lambung akan mengeluh perasaan nyeri ulu hati setelah makan, adanya panas pada ulu hati dan perut kembung. Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda merasakan karakteristik gejala seperti yang disebutkan tersebut?

 

Bila iya maka kemungkinan gejala anda mengarah kepada gastritis. Gastritis adalah peradangan atau pembengkakan lapisan lambung. Gastritis dapat berlangsung dalam waktu singkat (gastritis akut) atau berbulan-bulan sampai bertahun-tahun (gastritis kronis).

Penyebabnya bisa karena penderita makan secara tidak teratur, terdapat mikroorganisme yang merugikan, mengonsumsi obat-obatan tertentu,atau sebab-sebab lainnya seperti mengonsumsi alkohol, pola tidur yang tidak teratur dan stress. Maag juga bisa terjadi apabila si penderita telat makan, kemudian sewaktu makan si penderita maag makan dengan porsi yang terlalu banyak. Bagi penderita maag yang sudah parah, penyakit maag tersebut sangat berbahaya sekali dan dapat menyebabkan kematian.

Maag bisa disembuhkan tetapi tidak bisa sembuh total, maag adalah penyakit yang dapat kambuh apabila si penderita tidak makan teratur, terlalu banyak makan, atau sebab lain. Biasanya untuk meredakan atau menyembuhkannya penderita harus mengkonsumsi obat jika diperlukan. Tetapi maag dapat di cegah, yaitu dengan cara makan teratur, makan secukupnya, cuci tangan sebelum makan dan jangan jajan sembarangan.

Beberapa jenis minuman dan makanan yang kurang baik untuk dikonsumsi yaitu:

-Minuman yang merangsang pengeluaran asam lambung antara lain : kopi, anggur putih, sari buah sitrus, dan susu.-Makanan yang sangat asam atau pedas seperti cuka, cabai, dan merica (makanan yang merangsang perut dan dapat merusak dinding lambung).-Makanan yang sulit dicerna dan dapat memperlambat pengosongan lambung. Karena hal ini dapat menyebabkan peningkatan peregangan di lambung yang akhirnya dapat meningkatkan asam lambung antara lain makanan berlemak, kue tar, coklat, dan keju.-Makanan yang melemahkan klep kerongkongan bawah sehingga menyebabkan cairan lambung dapat naik ke kerongkongan seperti alkohol, coklat, makanan tinggilemak, dan gorengan.-Makanan dan minuman yang banyak mengandung gas dan juga yang terlalu banyak serat, antara lain:-Sayur-sayuran tertentu seperti sawi dan kol-Buah-buahan tertentu seperti nangka dan pisang ambon-Makanan berserat tinggi tertentu seperti kedondong dan buah yang dikeringkan-Minuman yang mengandung banyak gas (seperti minuman bersoda).

Selain itu, kegiatan yang dapat meningkatkan gas di dalam lambung juga harus dihindari, antara lain makan permen khususnya permen karet serta merokok.

Demikian informasi yang daoat kami sampaikan, semoga penjelasan ini bermanfaat.

Salam,

17 Nov 2018, 22:26 WIB