Kelopak mata bengkak

Info Penanya, wanita 16 Tahun

Dok kelopak mata kanan saya bengkak udah hampir tiga minggu, awalnya cuma merah terus gatal terus besoknya langsung bengkak. Saya bawa ke puskesmas tapi tetap bengkak, terus saya bawa ke poli mata cuma dikasih obat tetes dan salep tapi udah lima hari saya pakai mata saya tetap bengkak. Apa cuma iritasi atau ada gejala kanker ya dok

17 Nov 2018, 22:26 WIB
dr. Melyarna Putri
dijawab oleh: dr. Melyarna Putri

Terimakasih telah bertanya tentang Kelopak Mata Bengkak melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Keluhan tersebut dapat disebabkan karena reaksi alergi, infeksi yang terdapat pada bagian kelopak mata sebelah dalam yang menyebabkan rasa kurang nyaman pada mata. Pada kasus Anda kemungkinan disebabkan oleh alergi oleh masker yang Anda gunakan. 

Diperlukan pemeriksaan secara langsung untuk dapat menentukan arah penyebabnya, yang sayangnya tidak dapat kami lakukan karena keterbatasan fasilitas pemeriksaan pada forum ini.

Mata yang bengkak untuk sementara dapat diatasi dengan memberikan kompres dingin pada mata yang bengkak secara teratur sebanyak 3-4 x/hari, masing-masing selama 10-15 menit. Kompres dingin akan membantu untuk mengurangi bengkak pada kelopak mata.

Namun untuk dapat memastikan penyebab dari keluhan Anda, kami sarankan Anda untuk melakukan konsultasi secara langsung dengan dokter agar dapat dilihat dan diperiksa lebih lanjut sehingga terapi yang diberikan lebih optimal. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Kelopak Mata Bengkak. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

17 Nov 2018, 22:26 WIB