Nyeri Dada Kanan

Info Penanya, pria 24 Tahun

Halo dok, saya mau menanyakan soal nyeri di dada sebelah kanan atas.. tapi nyeri tersebut terkadang tidak terasa, ini sudah 2 hari, sejak hari senin kemarin nyerinya. Nyerinya terkadang muncul pada saat bergerak, melakukan gerakan terasa nyeri. lalu pada saat batuk dan bersin juga nyeri. namun pada saat menarik nafas panjang dan menghembuskan hanya terasa seperti ada otot yg ikut tertarik dan agak kencang, apakah ini gangguan yang terjadi karena otot yaa? atau karena gejala lain? pada saat dipijat bagian lengan kanan atas dan bawah serta punggung sebelah kanan agak sakit juga setelah dipijat baru terasa lebih enak. Mohon informasinya dok, terima kasih banyak sebelumnya.

18 Nov 2018, 10:10 WIB
dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons
dijawab oleh: dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Sebelum menjawab pertanyaan Anda, ijinkan kami mengajukan beberapa pertanyaan. Apakah Anda mempunyai riwayat nyeri ulu hati? apakah ada riwayat trauma atau cedera di bagian dada?

Nyeri dada tidak selalu disebabkan oleh jantung. Keluhan seperti yang Anda sebutkan dapat disebabkan oleh berbagai sebab, diantaranya disebabkan karena gangguan jantung, gangguan otot atau tulang, paru-paru, saluran pencernaan atau psikologis. Kemungkinan keluhan yang Anda rasakan bukan jantung, karena posisi jantung ada disebelah kiri.

Gejala nyeri yang khas untuk keluhan penyakit jantung adalah nyeri dada kiri yang digambarkan seperti tertimpa benda berat, ditekan, atau diremas, nyeri berlangsung 2-5 menit, menjalar ke bahu kiri dan kedua lengan terutama pada permukaan tangan dan lengan bawah. Nyeri juga dapat menembus ke punggung, dasar dari leher, rahang, gigi, dan ulu hati. Nyeri yang demikian disebut dengan Angina. Bagaimana dengan nyeri dada yang Anda rasakan?

Gejala nyeri angina umumnya dipicu oleh latihan (olahraga, aktivitas fisik, aktivitas seksual), emosi (stres, marah, ketakutan, frustrasi), dan menghilang dengan istirahat atau kombinasi dari istirahat dan nitrogliserin sublingual.

Nyeri karena masalah otot dan tulang: biasanya muncul bila bagian tersebut ditekan, atau muncul dengan perubahan posisi. Nyeri akan membaik dengan antinyeri seperti paracetamol atau obat antiinflamasi lain.Nyeri karena masalah paru-paru biasanya berkaitan dengan tarikan napas, dan disertai dengan keluhan-keluhan lain seperti demam, batuk, atau sesak.Nyeri karena saluran pencernaan: biasanya karena maag/GERD. Gejala berupa rasa asam atau pahit di mulut dan nyeri ulu hati. Nyeri ini berkurang dengan pemberiaan obat lambung atau maag.Nyeri dada karena masalah psikologisKami sarankan Anda berkonsultasi langsung dengan dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan mendapatkan terapi optimal.

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

18 Nov 2018, 10:10 WIB