Seputar Neurofibroma

Info Penanya, pria 23 Tahun

Selamat malam dok,saya menderita kanker saraf yang disebut neurofibroma sejak lahir bawaan dari mediang ayah saya,sehingga sekujur tubuh saya timbul benjolan benjolan daging sampai ke wajah saya apakah penyakit saya bisa disembuhkan? Terima kasih

22 Nov 2018, 11:45 WIB
dr. Sara Elise Wijono MRes
dijawab oleh: dr. Sara Elise Wijono MRes

Terimakasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter.

Terdapat dua jenis neurofibromatosis, yakni NF1 dan NF2. Kejadian NF 2 terjadi lebih langka daripada NF1. Jenis neurofibromatosis 1 (atau disebut juga Penyakit Von Recklinghausen) ditemukan satu kasus dalam 2.500–3.000 kelahiran. Sedangkan NF2 jarang ditemukan, bahkan kemungkinan hanya satu kasus dalam 50.000–120.000 kelahiran. 

Tumor ini bisa berukuran kecil atau besar dan dapat muncul di mana saja pada bagian tubuh –seperti otak, sumsum tulang belakang, saraf, dan saraf besar atau kecil.

Sama seperti tumor pada umumnya, neurofibromatosis tipe 1 juga disebabkan oleh adanya kelainan atau mutasi pada gen. Penyebab dari NF1 adalah adanya mikrodelesi pada kromosom 17 yang mengkode protein neurofibromin. Mutasi ini menyebabkan pertumbuhan sel saraf yang tidak normal.

Hingga kini, memang belum ditemukan terapi khusus yang dapat mencegah perkembangan NF 1. Namun, penanganan yang tepat dapat menurunkan risiko komplikasi lebih lanjut. Penanganan NF1 memerlukan kerja sama berbagai disiplin ilmu untuk memperlambat progresivitas peyakit, deteksi keterlibatan organ lain dan jaringan kulit.  Tumor kulit dapat diangkat melalui bedah eksisi, elektrokauter, ataupun laser ablasi.

Demikian pula, tidak ada pencegahan khusus untuk penyakit neurofibromatosis.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

22 Nov 2018, 11:45 WIB