Mata Kunang-Kunang dan Lemas

Pagi dok, mau tanya Tadi kaki saya kepentok tangga beli sampai luka dan kulit putih yang dalam terlihat Nah pasca kejadian itu tiba tiba badan saya lemas seketika langsung dingin semua sampai muka dan gemetaran tidak bisa bergerak Kemudian saya berusaha untuk sampai atas karna posisi saya masi sampai tengah tangga menuju ke atas Lalu benar benar lemas lagi saya jatuhkan badan posisi duduk di lantai, kepala berkunang kunang seketika pandangan menjadi gelap tidak terlihat dan pandangan kabur, terjadi selama sekitar 2 menit Itu terjadi karena apa ya dok? Terimakasih

Lihat Selengkapnya
wanita, 21 Tahun26 Nov 2018, 10:46 WIB

dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons

Dijawab oleh:

dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Keluhan yang Anda utarakan idealnya perlu diperiksakan langsung kepada dokter untuk mencari penyebabnya. Namun,terdapat kemungkinan disebabkan oleh  hipoglikemia dan atau hipotensi.

Hipoglikemia merupakan suatu kondisi dimana cadangan gula (sebagai sumber energi) dalam tubuh berkurang atau tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan seluruh tubuh. Keadaan ini dapat menyebabkan hipotensi, yaitu tekanan darah menjadi rendah.

Hipotensi atau tekanan darah rendah tidak dianggap sebagai kondisi yang tidak mematikan, namun jika orang mengalami tekanan darah rendah ini beberapa gejala yang timbul adalah pusing, pingsan, kelelahan, gangguan tidur, kecemasan, tangan dingin, penglihatan kabur, dll. Tekanan darah rendah dapat disebabkan oleh berbagai faktor lain, seperti dehidrasi darah ringan atau berat, kurang minum, kurang tidur, haid yang tidak normal, peradangan pada organ-organ tubuh seperti pankreatitis akut, kelemahan pada otot jantung yang lambat, bahkan beberapa asupan obat tertentu dapat menimbulkan kondisi ini.

Beberapa gejala orang yang mengalami darah rendah / hipotensi, adalah:

  • Mudah pusing dan mengeluarkan keringat dingin bahkan sampai pingsan
  • Sering menguap, mudah mengantuk dan  ketika sudah tertidur susah untuk bangun tidur (merasa terus masih mengantuk, dan berat rasanya untuk bangun)
  • Mata kabur secara tiba-tiba dan terasa berkunang-kunang / terasa kesmutan di mata.
  • Mudah merasa capek, lelah dan badan terasa selalu lemas

Gejala ini umumnya akan berkurang setelah beristirahat dan mengisi energi kembali dengan makan atau minum air gula. Dan umumnya kondisi ini tidak terjadi dalam waktu lama. Namun jika gejala ini menetap, bahkan setelah berisitirahat sebaiknya Anda memeriksakan diri kepada dokter terdekat untuk dicari penyebab lainnya dan solusi apa yang paling tepat untuk dilakukan.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam,

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

Berbagai Keluhan

Dijawab oleh:dr. Sara Elise Wijono MRes

Penanganan Anemia

Dijawab oleh:dr. Sepriani Timurtini Limbong

Penanganan Anemia

Dijawab oleh:dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

Mengatasi Anemia

Dijawab oleh:dr. Reza Fahlevi

Mengatasi Anemia

Dijawab oleh:dr. Sepriani Timurtini Limbong

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk