Keluar Darah Setelah Menstruasi

Info Penanya, pria 25 Tahun

Dok, tanggal haid normal saya tanggal 19, bulan Nopember ini saya sudah haid di tanggal 15, saya sudah menikah di bulan September lalu. tadi malam tiba-tiba ada darah yang keluar dari vagina saya, namun ketika saya mandi pagi darah tsb sudah bersih tanpa bekas, apakah itu pendarahan implantasi ? kapan saya harus memeriksakan diri ke dokter ?

30 Nov 2018, 10:25 WIB
dr. Devia Irine Putri
dijawab oleh: dr. Devia Irine Putri

Terimakasih sudah bertanya dengan menggunakan fitur Tanya Dokter dari Klikdokter.com

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan, berdasarkan keterangan yang Anda berikan nampaknya keluhan Anda belum dapat kami pastikan penyebabnya. Namun keluhan keluarnya darah atau flek-flek yang Anda alami disebut dengan spotting dan hal hal berikut adalah penyebab spotting tersering, yaitu:

  • Kehamilan atau kehamilan ektopik (kehamilan di luar kandungan)
  • Penggunaan kontrasepsi oral
  • Ketidakseimbangan hormon
  • Infeksi pada alat kelamin
  • Pengobatan tertentu (misal: obat pengencer darah)
  • Polip serviks (benjolan pada mulut rahim)
  • Kanker serviks
  • Dysfunctional uterine bleeding (pendarahan akibat hormonal)
  • Endometriosis, adenomyosis (bentuk kelainan pada dinding rahim)Hiperplasia endometrial
  • Pelvic inflammatory disease (penyakit infeksi pada saluran kewanitaan)
  • Postcoital bleeding : munculnya flek setelah berhubungan bisa saja berkaitan dengan beberapa hal atau postcoital bleeding dapat terjadi karena beberapa alasan. Perdarahan pasca berhubungan seksual paling sering terjadi karena adanya erosi di vagina dikarenakan baru pertama kali berhubungan atau berhubungan seksual belum terlalu sering sehingga vagina masih sempit, akibatnya penetrasi (penis masuk ke vagina), terutama bila wanita masih belum penuh terangsang dapat menyebabkan gesekan yang mengakibatkan luka atau lecet. Kemungkinan bisa saja berkaitan dengan infeksi, namun biasanya disertai dengan tanda lain seperti adanya gatal, keputihan, ataupun nyeri perut.

Apabila perdarahan yang timbul hanya sedikit dan tidak berlanjut, Anda tidak perlu merasa khawatir karena mungkin perdarahan tersebut timbul akibat robekan pada vagina (misal karena kekeringan, kondom, gesekan kuat, kuku jari, dsb).

Pada implantasi bisa saja menimbulkan gejala munculnya flek. Kondisi ini terjadi biasanya satu minggu sejak pembuahan terjadi, kemudian akan berhenti dengan sendirinya. Untuk terjadinya pembuahan sperma harus bertemu dengan sel telur dengan cara pria harus ejakulasi di dalam vagina. Kecil kemungkinan Anda hamil. Akan tetapi kemungkinan tetap ada, sehingga lebih baik dipastikan dengan pemeriksaan kehamilan. Anda dapat melakukan pemeriksaan test pack apabila mengalami keterlambatan haid sekitar 1 minggu.

Demikian informasi yang dapat diberikan, semoga bermanfaat. Salam sehat

 

30 Nov 2018, 10:25 WIB