Anak Terlambat Bicara

Info Penanya, pria 26 Tahun

dok, anak saya berusia 1,5 tahun tapi belum bisa lancar mengucapkan satu kata pun, jika ingin sesuatu hanya mengucapkan "nih" dan "tuh", kalau mau sesuatu dia pasti menangis, dia tidak pernah bisa memanggil mama atau papa Seringsekali dia mengamuk karena meminta sesuatu yang kita ga tau maunya apa. saya baca-baca mengenai indikasi anak autis, saya takut sekali apakah anak saya terindikasi autis?

01 Dec 2018, 06:00 WIB
dr. Reza Fahlevi
dijawab oleh: dr. Reza Fahlevi

Terima kasih telah menanyakan tentang keterlambatan bicara melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda akan perkembangan bicara anak Anda.

Setiap anak berbeda dalam kecepatan pertumbuhan dan perkembangan. Cara untuk mencapai perkembangan yang optimal adalah dengan stimulasi yaitu meningkatkan respon terhadap anak. Stimulasi yang tepat adalah berkembang sesuai dengan tahapan anak. Sebelum menjawab pertanyaan Anda, ada baiknya Anda mengetahui beberapa informasi mengenai tahapan perkembangan anak pada umumnya beserta kemungkinan penyebab keterlambatan wicara pada anak.

Pada usia 18 bulan, seharusnya anak sudah bisa bicara beberapa kata, sehingga ada kemungkinan anak Anda mengalami keterlambatan bicara.

Gangguan bicara dan bahasa adalah salah satu penyebab gangguan perkembangan yang paling sering ditemukan pada anak. Penyebab keterlambatan bicara sangat luas dan banyak, Gangguan tersebut ada yang ringan sampai yang berat, mulai dari yang bisa membaik hingga yang sulit untuk membaik. Keterlambatan bicara fungsional merupakan penyebab yang sering dialami oleh sebagian anak. Keterlambatan bicara golongan ini biasanya ringan dan hanya merupakan ketidakmatangan fungsi bicara pada anak. Pada usia tertentu terutama setelah usia 2 tahun akan membaik. Bila keterlambatan bicara tersebut bukan karena proses fungsional maka gangguan tersebut harus lebih diwaspadai karena bukan sesuatu yang ringan.

Kami menyarankan untuk membawa anak ke dokter karena perlu diketahui lebih lanjut apakah penyebab dasar keterlambatan bicara pada anak Anda.

Apabila ini adalah keterlambatan bicara fungsional maka umumnya tidak memerlukan penanganan khusus dan bicara akan akan membaik setelah usia 2 tahun. Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk membantu anak mulai belajar bicara adalah: 

1. bermain bersama sesering mungkin

2. berkomunikasi dengan cara yang anak bisa lakukan beri respon terhadap suara yang anak keluarkan

3. apabila ada kata-kata muncul maka ajarkanlah anak artikulasi yang jelas, tunjukkan apa yang harus dia ucapkan. Contoh : ketika dia menunjuk bola maka ucapkanlah padanya “Ini BOLA, BOOO-LAAA”

4. bersabar, dalam artian jangan terlalu terburu-buru ingin mendengar anak bicara

5. jangan ikut bicara dengan bahasa anak. Contoh : tetap ucapkan kata ‘susu’ disbanding dengan ‘cucu’

6. Konsultasikanlah dengan dokter spesialis anak untuk mengetahui permasalahan yang sebenarnya yang mendasari keluhan ini.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai keterlambatan bicara. Semoga bermanfaat.

01 Dec 2018, 06:00 WIB