Pil KB dan PCOS

Info Penanya, pria 28 Tahun

Hi. dok saya mau tanya, saya sudah menikah sejak 2016 tepat nya sudah 2 tahun saya menikah. dan sampai saat ini belum hamil juga, Awalnya sebelum saya menikah haid saya lancar setiap bulan, dan setelah menikah sudah 6 bulan saya tidak haid selama 8 bulan dan waktu itu saya sudah pernah ke dokter dan mereka bilang itu tidak apa " hanya gangguan hormon dan saya dikasih obat dan vitamin, tp tidak ada efek nya buat saya. sampai saya sudah capek buat ke dokter dan jawaban mereka sama aja dan dikash obat yang tidak ada efeknya buat saya. Sampai akhirnya saya coba untuk transvagina untuk tau apa ada miom atau kista, tp ternyata bersih. Dan hanya ada PCOS, saya dikash pil kb untuk di komsumsi selama 3 bulan. Baru saya minum sampai 1 baris saya haid, dan itu bnyak sekali. Mungkin kotoran nya keluar semua. Selama saya haid saya tidak minum pil kb nya lg, sampai saat ini dan itu sudah 3 bulan berlalu saya tidak minum pil kb nya lg, karrena haid saya sudah lancar setiap bulan. Pertanyaan saya apakah itu baik untuk saya minum pil kb karena saya belum hamil, karena kata org nanti rahim nya kering kalau minum pil kb dan sulit untuk punya anak? apa saya harus minum kembali pil kb nya dan habis kan pil itu semua? Apa selama haid juga harus ttp komsumsi pil kb ? terima kasih dok, mohon jawabnya.

03 Dec 2018, 15:57 WIB
dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons
dijawab oleh: dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons

Terimakasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda dan keluarga.

PCOS mepengaruhi infertilitas (gangguan kesuburan) dikarenakan menyebabkan wanita menghasilkan sikus anovulatoar (tidak mengandung sel telur) akibat dari ketidakseimbangan hormonal.

Untuk mengatasi masalah gangguan kesuburan, diperlukan terapi hormonal lainnya (seperti obat kontrasepsi oral), metformin, obat penyubur (clomiphene) yang dapat diberikan oleh dokter. Selain itu dapat juga dilakukan terapi Laparoscopic ovarian drilling (LOD) yaitu operasi sederhana yang menggunakan laser/panas untuk menghancurkan jaringan ovarium yang memproduksi androgen, seperti testosteron.

Pada dasarnya penggunaan obat KB kombinasi pada PCOS sama halnya dengan penggunaan obat kb sebagai kontrasepsi, dan penggunaan obat ini digunakan pada hari pertama setelah menstruasi

Jika Anda telah melakukan berbagai tindakan seperti di atas dan hasil yang didapatkan dalam keadaan normal, namun tetap belum mendapatkan keturunan, bersabarlah dan tetap berusaha dan berdoa pada Nya. Semoga Anda dapat segera dianugerahi buah hati.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

03 Dec 2018, 15:57 WIB