Nyeri Perut Bawah dan Payudara Berair

Info Penanya, wanita 39 Tahun

Pagi dok sy ibu 1 anak skr sudah berusia 15 tahun sya penah operasi kista 8 tahun yang lalu sy ingin ajukan keluhan sekaligis pertanyaan saya sudah 2 malam susah tidur rasa pusing jadinya kemarin perut saya terasa sakit bagian bawah pusar sekarang sudah ngk sakit PD saya terasa sakit kalo ditekan berair tolong di jelaskan ini gejala apa saya agak kuatir

03 Dec 2018, 16:01 WIB
dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons
dijawab oleh: dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan.

Keluhan Anda adalah nyeri di daerah bagian perut bawah? Penyebab dari sakit perut di bawah dapat disebabkan oleh berbagai macam hal. Karena keluhan tersebut tidak khas untuk suatu penyakit tertentu, diperlukan beberapa informasi tambahan untuk mengetahui penyebab timbulnya keluhan Anda, seperti :

Apakah nyeri yang rasakan terasa tajam (seperti ditusuk-tusuk), tumpul, atau melilit? Apakah keluhan nyeri tersebut menjalar ke tempat lain atau tidak? Kemana arah penjalarannya?

Apakah yang menjadi pemicu keluhan nyeri tersebut atau hal-hal yang meringankan keluhan nyeri tersebut?

Adakah keluhan-keluhan lain yang menyertai keluhan nyeri yang anda dirasakan, seperti panas badan, lemah badan, mual, muntah, perut kembung, gangguan BAB (mencret, sulit BAB atau tidak BAB sama sekali), BAB berdarah, nyeri ketika BAK?

Apakah sedang mengalami menstruasi saat keluhan timbul?

dll.

Secara garis besar, keluhan nyeri pada perut bawah dapat disebabkan karena:

  • Gangguan saluran pencernaan

Contoh : sumbatan pada saluran cerna, infeksi saluran cerna, atau keganasan rahim), kista ovarium, endometriosis

  • Gangguan saluran kencing

Contoh : kandung kencing yang terlalu penuh, infeksi kandung kencing, infeksi saluran kencing bagian bawah

Jika Anda memiliki keluhan dengan riwayat sebelumnya menahan kencing bisa saja berkaitan dengan saluran kencing. Untuk mengetahui secara pasti penyebab dari keluhan Anda maka kami sarankan Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis penyakit dalam terdekat di kota Anda.

BIla anda tidak sedang hamil atau menyusui, Keluar cairan darah dari puting susu kemungkinan disebabkan adanya peradangan pada payudara Anda. Hal ini perlu menjadi kewaspadaan tersendiri karena tidaklah normal untuk keluar cairan dari puting, terutama apabila tidak dalam kondisi hamil atau menyusui. Mungkin yang perlu digali lebih dalam adalah apakah cairan tersebut memang keluar dari dalam puting ataukah terdapat perlukaan di sekitar puting sehingga mengeluarkan darah? Lalu adakah riwayat benjolan payudara (jinak maupun kanker) di dalam keluarga Anda? Adakah keluhan lain seperti nafsu makan berkurang dan berat badan berkurang signifikan beberapa bulan terakhir?

Untuk keluhan ini kami sarankan untuk berkonsultasi langsung ke dokter spesialis bedah onkologi dimana akan dilakukan evaluasi lebih lanjut, baik pemeriksaan fisik maupun pemeriksaan penunjang yaitu USG Payudara untuk memastikan keluhan Anda.

Demikian informasi yang dapat Kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

03 Dec 2018, 16:01 WIB