Anak 1.5 Tahun Belum Lancar Bicara

Info Penanya, pria 26 Tahun

dokter, mohon bantuan informasinya. saya mempunyai anak perempuan yang baru saja berumur 1,5 tahun. anak saya sampai sekarang belum juga lancar berbicara, bila apa2 ia hanya bisa bilang "nih" atau "tuh" tapi sudah paham apa yang orang lain katakan. saya suruh ambilkan sesuatu ia paham dan pintar mengerti apa yang saya tanyakan. tapi ia sendiri sulit mengatakan apapun dan sulit meniru ucapan kami. bilang mama papa saja belum bisa. kami selalu tidak mengerti apa yang ia inginkan akibatnya ia selalu mengamuk dan menangis. dia juga sering sekali mengalami sembelit padahal saya selalu memberinya makan sayur dan buah. tapi memang anaknya juga sangat sulit makan, satu kali makan hanya bisa masuk 2-3 suap saja. dia juga mengalami masalah saat tidur, setiap malam selalu terbangun menangis 2-3 kali bangun dalam semalam dan hanya bisa ditenangkan oleh susu ( sejak bayi diberi susu formula krn asi saya tidak keluar). saya khawatir sekali dengan tumbuh kembang anak saya dok. saya takut apakah ini seperti yang saya baca2 di internet kalau anak saya terindikasi autis? mohon bantuannya. terima kasih

04 Dec 2018, 13:19 WIB
dr. Sepriani Timurtini Limbong
dijawab oleh: dr. Sepriani Timurtini Limbong

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari KlikDokter.

Salam kami untuk anak Anda. Kami memahami kekhawatiran Anda. 

Pada usia mencapai 12 bulan, biasanya anak tengah mempelajari hal-hal sebagai berikut:

Mengangkat badan ke posisi berdiri dan belajar berdiri atau berpegangan di kursi.

Belajar berjalan dengan dituntun.

Belajar menggenggam benda, mengulurkan lengan/badan untuk meraih mainan yang diinginkan, memasukkan benda yang digenggam ke mulut.

Mengulang dan meniru bunyi yang didengar, menyebut 2-3 suku kata yang sama tanpa arti (misal: ma-ma, ta-ta).

Bereaksi terhadap suara.

Serba ingin tahu, ingin menyentuh apa saja, senang diajak bermain.Pada usia anak Anda memang seharusnya anak sudah mulai belajar bicara lebih banyak. Perkembangan anak sangat dipengaruhi oleh nutrisi dan stimulasi. Bagaimana dengan anak Anda, apakah ia telah mendapatkan stimulasi dan bimbingan yang cukup dari keluarga? Bagaimana dengan asupan nutrisinya? 

Untuk mencapai perkembangan tersebut memang diperlukan stimulasi yang cukup. Selain itu kami juga ingin menggarisbawahi sedikit mengenai kebiasaan anak Anda menonton TV seperti yang Anda sebutkan. Menonton TV sebenarnya tidak disarankan untuk anak di bawah 2 tahun karena memang cenderung menghambat kemampuan untuk berbahasa.

Untuk informasi lengkap Anda kami sertakan artikel:

Menonton Televisi Menghambat Perkembangan Bicara dan Bahasa Anak

Batasi Waktu Anak di Depan Layar Elektronik

 

Berikut kami sertakan artikel Perkembangan Anak Balita, untuk panduan memberikan stimulasi pada anak. Anda juga dapat mengunjungi rubrik Tumbuh Kembang Anak yang kami miliki. 

Cobalah untuk membatasi waktu anak Anda di depan televisi dan juga memberikan stimulasi yang adekuat dalam berbicara dan berinteraksi sambil tetap berkonsultasi dengan dokter anak Anda mengenai tumbuh kembangnya. Kunjungilah dokter spesialis anak subspesialis tumbuh kembang untuk mendapatkan evaluasi yang menyeluruh.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

 

04 Dec 2018, 13:19 WIB