Penis Nyeri Setelah Onani

Info Penanya, pria 23 Tahun

Dok, saya mau tanya dulu saya gemar melakukan onani sampai" lubang penis saya membesar tapi sebelumnya juga sempat perih mungkin karena saya pernah memakai sabun dan membuat saya menjadi tidak nyaman terutama ketika ereksi baik setelah bangun tidur maupun ketika ada rangsangan. akhir" ini saya menghentikan aktivitas onani saya walaupun sedikit kesulitan. apakah kondisi penis saya ini masih normal atau tidak dok? bila tidak saya harus bagaimana dok? mohon bantuannya terima kasih dok.

11 Dec 2018, 10:09 WIB
dr. Sepriani Timurtini Limbong
dijawab oleh: dr. Sepriani Timurtini Limbong

Terimakasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter.

Penis yang nyeri setelah onani bisa berkaitan dengan nyeri saat ereksi ataupun saat setelah ejakulasi. 

Rasa nyeri saat ereksi biasanya berkaitan dengan rasa perih akibat gesekan yang ditimbulkan oleh onani. Nyeri yang ditimbulkan pada kasus ini umumnya hanya dirasakan pada kulit terluar penis saja. Bila Anda sudah disunat, nyeri yang timbul umumnya terjadi pada kulit batang penis.

Pada orang yang berkulit lebih terang, rasa perih/nyeri ini biasanya disertai dengan kemerahan pada kulit penis. Sedangkan pada yang berkulit lebih gelap, kulit akan terlihat lebih gelap dari biasanya selama nyeri/rasa perih masih ada. 

Sedangkan bila nyeri dirasakan setelah ejakulasi kemungkinan disebabkan oleh infeksi pada kelenjar prostat atau saluran kemih bawah. Apakah ada gangguan saat berkemih?

Untuk saat ini, sebaiknya hentikan dulu aktivitas onani Anda hingga penis menyembuh (jika ini disebabkan karena trauma gesekan). Sebaiknya alihkan pikiran Anda ke hal-hal yang lebih positif dan membangun. Anda juga dapat memeriksakan diri ke dokter kulit dan kelamin jika keluhan dirasa mengganggu.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

11 Dec 2018, 10:09 WIB