Perut terasa penuh

Selamat malam dok, Saya mau tanya, kenapa tiap saya makan kok perut itu rasanya kayak penuh bgt padahal porsi makan saya lbh sedikit dr biasanya dan kalo (maaf) kentut itu baunya selalu ngga enak padahal biasanya ngga kayak gitu, itu kenapa ya dok?. Saya minum air putih 1 gelas itu biasanya masih kurang tapi sekarang minum ½ gelas aja perut rasanya udah penuh gitu... Mohon penjelasannya dok, terima kasih sebelumnya☺

Lihat Selengkapnya
wanita, 19 Tahun10 Des 2018, 05:08 WIB

dr. Adeline Jaclyn

Dijawab oleh:

dr. Adeline Jaclyn

Terima kasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter di KlikDokter. 

 

Kami memahami kekhawatiran Anda.   

Berdasarkan keluhan Anda, kemungkinan yang Anda alami adalah sindrom dispepsia. Sindrom dispepsia merupakan suatu kumpulan gejala saluran cerna terdiri dari perut kembung, terasa penuh sehingga mudah kenyang, perut perih di bagian atas (ulu hati), sering bersendawa, mual, muntah, dll. Selain itu, dispepsia juga dapat disertai rasa pusing, keringat dingin, dsb. Dispepsia biasanya disebabkan oleh penyakit tukak lambung atau kelebihan asam lambung. Pengobatan sindrom dispepsia sangat tergantung dari penyebabnya.

Awalnya, Anda dapat mengonsumsi obat penetral asam lambung yang berisikan antasid untuk meredakan gejala. Selain dengan pemberian obat penetral asam lambung secara teratur, kami sarankan sebaiknya Anda menjaga pola makannya dengan makan lebih sering dalam porsi kecil dan teratur, menghindari makanan pedas, asam, alkohol, kopi, soda, dan makanan yang dapat merangsang pengeluaran gas seperti kol dan menghindari obat-obatan yang menimbulkan luka pada lambung seperti aspirin. Selain itu, stres psikis juga harus dihindari karena dapat memicu pengeluaran asam lambung yang berlebihan.

Jika setelah menjalankan terapi di atas namun tetap tidak ada perbaikan pada keluhan-keluhan anda, Kami sarankan sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam. 

Demikianlah jawaban yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat. 

 

Salam sehat.

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

Pusing, Sesak dan Mual

Dijawab oleh:dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons

Tekanan Darah Tinggi dan Maag

Dijawab oleh:dr. Sepriani Timurtini Limbong

Sering Bersendawa

Dijawab oleh:dr. Atika

Nyeri Ulu Hati dan Jantung Berdebar

Dijawab oleh:dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons

Makanan Untuk Penderita GERD

Dijawab oleh:dr. Sepriani Timurtini Limbong

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk