Telat Haid, Tanda Hamil?

Assalamu'alaikum dok saya mau bertanya saya udah telat haid selama 7 hari , saya kira saya hamil soalnya sering kram perut trus juga sering BAK, terus kadang suka mual , dan tiba2 gak nafsu makan , tapi pas d test menggunakan tespeck hasilnya negatif ,jadi penyebab saya tidak haid apa yah dok ? Apakah pola makan mempengaruhi siklus haid ?

Lihat Selengkapnya
wanita, 22 Tahun14 Des 2018, 08:27 WIB

dr. Atika

Dijawab oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah bertanya seputar telat haid dan kemungkinan hamil melalui fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Apakah selama ini siklus haid teratur?

Telat datang bulan memang salah satu tanda kehamilan, namun tidak pasti. Siklus haid memang dapat maju atau mundur, tidak selalu tepat waktu. Siklus menstruasi normalnya berkisar antara 21-35 hari dan berlangsung selama 3-7 hari. Bagaimana dengan siklus haid anda selama ini?

Adapun gangguan siklus menstruasi umumnya terjadi akibat gangguan keseimbangan hormonal, yang dapat disebabkan oleh beberapa keadaan, antara lain:

-Pada 3-5 tahun pertama setelah haid pertama -Pasien dengan gangguan makan (seperti anorexia nervosa, bulimia) -Pasien dengan indeks massa tubuh (IMT) > 30 -Malnutrisi (kurang gizi) -Stres psikologis -Atlet -Gangguan hormon tiroid Dan lain sebagainya

Tanda-tanda kehamilan terdiri atas tanda kehamilan tidak pasti dan tanda kehamilan pasti. Tanda-tanda kehamilan tidak pasti yang dialami dapat bervariasi setiap individunya, antara lain adalah:

-sering berkemih -pembesaran dan nyeri payudara -mual -perasaan lelah -daerah sekitar puting susu menghitam -peningkatan suhu tubuh -flek perdarahan karena perlekatan hasil pembuahan ke dinding rahim -Keluarnya perdarahan kecil atau flek-flek kecoklatan dalam waktu singkat karena proses penempelan calon bayi pada dinding rahim biasanya hanya terjadi dalam 1 hari saja .

Sedangkan tanda pasti kehamilan (obyektif) adalah:

-terasa bagian janin serta gerak janin pada perabaan -terdengar bunyi jantung janin pada auskultasi -terlihat gambaran janin pada USG atau scanning

Kami sarankan anda memeriksakan diri ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk mengetahui lebih pasti penyebab dari keluhan anda dan untuk mendapatkan terapi yang optimal

Umumnya, keterlambatan menstruasi merupakan tanda yang paling mudah dijadikan pegangan. Karena hubungan intim dilakukan pada masa subur, ada/tidaknya keterlambatan menstruasi baru dapat dilihat 2 minggu kemudian. Jika memang terlambat lebih dari 1 minggu dari waktu seharusnya, ada kemungkinan sudah terjadi pembuahan. Karena itu bisa dilakukan pemeriksaan kehamilan dengan test pack.

Pemeriksaan test pack didasarkan pada cara kerja mendeteksi marker kimiawi dalam tubuh, yang disebut human chorionic gonadotropin (hCG). Tidak dipengaruhi oleh waktu pemeriksaan (pagi/siang/sore/malam). Test pack dapat mendeteksi kehamilan dengan tingkat keakuratan mencapai 99%. Bahkan dua garis tipis saja kemungkinan sudah menunjukkan hasil yang positif. Namun, masih mungkin terjadi hasil negatif ataupun positif palsu.

Untuk itu kami sarankan agar Anda konsultasi ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik, laboratorium, dan USG (2 minggu setelah test pack positif).

Semoga bermanfaat,

Salam sehat.

 

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

Tidak Penetrasi, Apakah Bisa Hamil?

Dijawab oleh:dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons

Belum Hamil Setelah Lepas KB

Dijawab oleh:dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons

Tanda Awal Kehamilan

Dijawab oleh:dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

Tidak Mengeluarkan Sperma Saat Berhubungan Bisa Hamil?

Dijawab oleh:dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

Bercak Darah di Mata

Dijawab oleh:dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk