Jari Terkena Sperma dan Masuk ke Vagina Bisa Sebabkan Hamil?

Info Penanya, pria 21 Tahun

Tulis Pertanyaan...Ujung jari menyentuh dan terkena sperma, jarinya sudah di lap kering dan dibiarkan selama satu menit lalu di masukkan ke vagina apakah sperma masih bertahan hidup atau mati? Dan apakah bisa menyebabkan kehamilan dok?

13 Dec 2018, 15:27 WIB
dr. Dyan Mega Inderawati
dijawab oleh: dr. Dyan Mega Inderawati

Terima kasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter.

Kehamilan dapat terjadi akibat proses pembuahan, yaitu bertemunya sel sperma dari laki-laki dengan sel telur dari perempuan. Dalam kondisi yang alami, maka pembuahan ini terjadi melalui hubungan seksual yang diakhiri dengan ejakulasi (keluarnya cairan sperma) di dalam vagina.

Memasukkan jari ke dalam vagina tidak akan menyebabkan kehamilan selama jari tidak tersentuh oleh cairan sperma pria. Pada kasus Anda, jari telah terkontaminasi sperma dan mengering. Pada dasarnya pada permukaan yang kering seperti pakaian, sprei, ataupun jari, sperma sudah mati saat cairan mengering. Sedangkan di luar vagina, meski lokasinya dekat dan tetap lembab, misalnya di sekitar organ intim tapi tidak di dalamnya, masih bisa hidup hingga 20 menit.

Dengan demikian, pada kasus Anda, kemungkinan hamil kecil. Tetapi, peluang ini lebih besar apabila sebelumnya ada penetrasi penis ke dalam vagina.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

13 Dec 2018, 15:27 WIB