Buang Air Kecil Setelah Berhubungan Intim

Info Penanya, wanita 30 Tahun

Halo Dok, saya wanita 30 thn dan baru menikah sekitar 3 minggu lalu. Saya ada beberapa pertanyaan seputar hubungan suami istri. 1. Saya pernah membaca beberapa artikel tentang wanita harus buang air kecil setelah berhubungan. Apakah itu benar Dok? 2. Apakah buang air kecil setelah berhubungan tetap berpeluang untuk bisa hamil? 3. Setelah berhubungan, vagina sering mengeluarkan cairan bening yang mirip dengan keputihan. Apakah ini reaksi yang normal, Dok? Terima kasih.

18 Dec 2018, 10:19 WIB
dr. Sepriani Timurtini Limbong
dijawab oleh: dr. Sepriani Timurtini Limbong

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

BAK setelah berhubungan intim bukanlah hal yang patologis/buruk bila tidak disertai gejala lain (nyeri, rasa panas atau terbakar, keluar cairan tidak norma; darah, nanah). BAK setelah berhubungan intim justru sangat dianjurkan untuk meminimalisir terjadinya infeksi pada organ reproduksi.

BAK setelah berhubungan intim bisa mencegah masuknya bakteri ke saluran kemih atau kandung kemih. Jika bateri berhasil masuk pada saluran kemih, infeksi kandung kemih tidak bisa dielakan dan akan merambat pada infeksi saluran ginjal. Pria maupun wanita yang melakukan kebiasaan buang air kecil sebelum dan sesudah melakukan hubungan intim akan terhindari dari gangguan infeksi saluran kecncing.

Infeksi saluran kencing ditandai dengan adanya rasa sakit saat buang air kecil, nyeri pinggang, demam, dan urine yang berwarna pekat bahkan disertai keluranya darah. Jika hal tersebut terjadi pada anda, maka hal pertama yang harus dilakukan yaitu mengkonsumsi air mineral dengan porsi cukup banyak. Manfaat meminum air putih banyak agar bakteri yang ada pada saluran kemih akan ikut terbuang saat anda membuang air kecil.

Infeksi saluran kemih disebabkan oleh bakteri E coli dan bakteri chlamidia. Kedua bakteri tersebut sangat berbahaya bagi organ intim wanita maupun pria. Minum secara rutin air putih untuk menjaga kesehatan kandung kemih anda.

Biasakan rajin untuk membersihkan organ intim sesuai dengan prosedur kesehatan yang dianjurkan. Jangan terlalu sering menggunakan pembersih organ intim wanita karena bisa membunuh bakteri baik yang ada pada sekitar vagina. Rawat organ reproduksi anda dari sekarang agar terhindar dari penyakit yang bisa merugikan diri anda dan keluarga.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

18 Dec 2018, 10:19 WIB