Ingin ganti kb suntik ke pil kb

Info Penanya, wanita 25 Tahun

Dok saya mau tanya,, saya kn udh hampir mau 5th pake kb suntik dan sekarang saya mau ganti ke pil,, dan katanya harus nunggu haid dulu baru bisa ke pil.. Apa itu benar dok?

20 Dec 2018, 08:49 WIB
dr. Adeline Jaclyn
dijawab oleh: dr. Adeline Jaclyn

Terima kasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter di KlikDokter. 

 

Pada pemakaian KB suntik 3 bulan (KB suntikan progestin), siklus menstruasi yang teratur akan kembali terjadi dalam waktu 6 bulan-1 tahun setelah pemakaian suntikan KB dihentikan. Selama dalam waktu 6 bulan-1 tahun maka siklus menstruasi dapat mengalami ketidakteraturan yang disebabkan karena proses pengembalian keseimbangan hormonal beberapa waktu. Pengembalian kesuburan untuk kehamilan 5-7 bulan setelah penghentian suntikan.

Namun jika Anda ingin mengganti KB suntik menjadi pil, Anda bisa mengganti suntik KB menjadi pil KB secara langsung pada saat jadwal penyuntikan Anda yang selanjutnya.

Pil KB ada yang terdiri dari 21 pil dan 28 pil, dimana terbagi menjadi 21 pil hormon dan 7 pil plasebo. Jika Anda menggunakan pil KB 28 butir, Anda harus meminum pil tersebut setiap hari tanpa henti. Jika Anda mengonsumsi pil KB 21 butir, Anda akan mengalami masa kosong minum pil selama 7 hari.

Penggunaan pil KB memerlukan jadwal yang sangat teratur dan konsisten (pada jam yang sama) agar Anda mendapatkan efek proteksi KB yang optimal.

Demikianlah jawaban yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat. 

 

Salam sehat.

20 Dec 2018, 08:49 WIB