Pusing Setelah Minum Kopi

Dok saya kan suka sekali tuh minum kopi terkadang kalau telat minum kopi suka pusing , tetapi kopi kan juga kurang baik untuk kesehatan nah gimana dok supaya saya tidak terlalu minum kopi dan gak pusing

Lihat Selengkapnya
wanita, 20 Tahun20 Des 2018, 03:27 WIB

dr. Sepriani Timurtini Limbong

Dijawab oleh:

dr. Sepriani Timurtini Limbong

Terima kasih telah mengajukan pertanyaan mengenai sakit kepala setelah minum kopi melalui fitur Tanya Dokter. 

Keluhan yang Anda rasakan bisa berkaitan dengan peningkatan asam lambung karena efek kafein di dalam kopi. Jika Anda sudah sering mengalaminya sebaiknya mengurangi frekuensi minuman kopi Anda atau mengonsumsi setelah makan. 

Namun jika keluhan sakit kepala sering dialami oleh Anda, kami sarankan Anda melakukan konsultasi lebih lanjut dengan dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik menyeluruh.

Bila benar anda terkena maag, maka selain pengobatan oleh dokter maka Anda juga harus melakukan perubahan pola hidup seperti jangan sampai telat makan/usahakan makan teratur,makan sedikit-sedikit tetapi sering,hindari konsumsi makanan pedas,asam,alkohol,rokok,kafein dan hindari stress. Selain itu, sebaiknya menghindari konsumsi makanan-makanan asam, pedas, kopi, alkohol, merokok dan hal-hal lain yang dapat merangsang asam lambung.

Untuk mengatasi maag yang Anda dapat lakukan adalah:

Hindari makanan pedas, terlalu asam dan yang mengandung gas (kol, sawi, minuman bersoda)Hindari dahulu konsumsi coklat, keju, kopi atau teh. Makan sedikit-sedikit namun sering (porsi kecil dan sering) bisa hingga 5x dalam sehari Jangan terlambat makan Usahakan dalam diet makanan yang sehat, banyak sayur dan buah, serta karbohidrat, lemak yang sehat (hindari makanan siap saji dan daging olahan seperti sosis, chicken nugget, hot dog) Coba hindari stres, coba alihkan ke kegiatan lain bila stres memang sangat menggangu.

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai sakit kepala setelah minum kopi. Semoga bermanfaat.

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

Seputar Pusing

Dijawab oleh:dr. Sara Elise Wijono MRes

Seputar Pusing dan Mual

Dijawab oleh:dr. Sara Elise Wijono MRes

Sering Pusing Kleyengan

Dijawab oleh:dr. Sepriani Timurtini Limbong

Badan Lemas dan Pusing

Dijawab oleh:dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons

Pusing, Sesak dan Mual

Dijawab oleh:dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk