Keputihan banyak, normalkah?

Info Penanya, pria 23 Tahun

Halo dok, saya mau tanya, normalkah jika saya keputihan banyak dan sekali pernah berwarna coklat saat kondisi saya sedang capek-capeknya ? Tapi so far sih jadwal mens saya teratur dok. Terima kasih sebelumnya

21 Dec 2018, 08:17 WIB
dr. Melyarna Putri
dijawab oleh: dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah bertanya kepada kami mengenai keputihan banyak.

Sebelumnya kami memohon maaf atas keterlambatan penjawaban. Keputihan banyak sekali bila disertai gejala lainnya seperti gatal, berbau, dan warnanya berubah maka mengarah kepada keputihan tidak normal. Keputihan tidak normal dapat disebabkan oleh infeksi jamur, bakteri, dan parasit.

Keputihan banyak yang berbau busuk mengarah kepada infeksi bakteri, sedangkan keputihan yang sangat gatal biasanya disebabkan jamur. Namun tidak jarang, infeksi pada keputihan merupakan kombinasi infeksi bakteri dan jamur. Untuk memastikan infeksi apa yang dialami dapat dilakukan pemeriksaan lab dengan mengambil swab cairan vagina. Dari hasil pemeriksaan tersebut dapat diketahui kuman apa yang menginfeksi.

Apakah keputihan banyak yang Anda alami sering berulang? Keputihan berulang dan tidak sembuh sembuh bisa dilatar belakangi oleh kondisi medis seperti diabetes atau kencing manis dan kegemukan. Pengobatan keputihan banyak yang tidak normal dapat dilakukan dengan pemberian obat anti jamur, antibiotik, dan anti parasit sesuai dengan kuman penyebab. Selain itu menjaga kebersihan vagina juga sangat penting dilakukan, misalnya dengan megganti celana dalam lebih sering, untuk mencegah daerah sekitar vagina terlalu lembab, karena kelembaban memicu infeksi jamur. Pengobatan yang diberikan dapat berupa kapsul untuk dimasukkan ke dalam vagina, obat minum, atau pada beberapa kondisi bisa infus obat. Hal ini disesuaikan dengan kondisi Anda dan keputihan yang Anda alami.

Keputihan sebaiknya segera diatasi, karena infeksi bisa saja menyebar ke organ dalam reproduksi wanita. Kami sarankan Anda dapat berkonsultasi dan memeriksakan diri lebih lanjut kepada dokter spesialis kebidanan dan kandungan atau dokter spesialis kulit dan kelamin. 

Demikian penjelasan kami mengenai keputihan banyak, semoga keluhan Anda segera teratasi ya. 

21 Dec 2018, 08:17 WIB