Durasi mengganti pakaian dalam untuk satu hari

Info Penanya, pria 23 Tahun

Sebenarnya berapa lama durasi penggantian pakaian dalam untuk satu hari? Tanda seperti apa yg patut dicurigai untuk dicek ke dokter soal area kewanitaan?

21 Dec 2018, 08:38 WIB
dr. Melyarna Putri
dijawab oleh: dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah bertanya mengenai mengganti celana dalam untuk satu hari

Sebelumnya, kami memohon maaf atas keterlambatan penjawaban. Kebersihan daerah kewanitaan memang salah satu hal yang unik diketahui. Pasalnya setiap orang masih saja sering mengalami masalah kewanitaan seperti keputihan walaupun sudah sering mengganti pakaian dalam. Sebenarnya berapa lama durasi mengganti pakaian dalam untuk satu hari?

Mengganti pakaian dalam bertujuan untuk mencegah kuman bersarang di daerah kewanitaan. Kuman yang bersarang di daerah kewanitaan menyebabkan wanita sering mengalami keputihan. Keputihan pada wanita dapat disebabkan infeksi jamur, bakteri, dan parasit. 

Celana dalam umumnya diganti sekitar 2-3 kali dalam satu hari oleh seorang wanita, sudah tepatkah ini? Belum tentu sebab hal ini dapat berbeda-beda untuk tiap wanita, mengapa? Tingkat kelembaban daerah kewanitaan setiap orang akan berbeda. Ada yang berkeringat banyak sehingga lebih mudah lembab ada juga yang tidak. Ada yang mengalami kegemukan sehingga lebih mudah lembab ada juga yang tidak. Setiap wanita idealnya dapat mengukur kondisi kelembaban area kewanitaannya. Pada beberapa kondisi seperti pada saat masa subur, maka seorang wanita dapat mengeluarkan lendir dan celana dalam lebih sering menjadi basah. Sehingga patokan mengganti celana dalam tidak bisa sama antara satu wanita dengan lainnya. 

Hal yang paling penting diperhatikan, bila celana dalam atau daerah kewanitaan sudah terasa lembab apalagi basah, jangan segan untuk mengganti celana dalam. Jadi sudah pasti bila setelah berolahraga, berkeringat banyak, atau bahkan berenang, celana dalam harus diganti. Sedangkan pada kondisi lain disesuaikan saja kondisinya pada tiap wanita. 

Cara mencuci celana dalam pun bisa khusus, misalnya pada kondisi keputihan menggumpal maka daerah yang menempel cairan keputihan harus digosok sampai hilang supaya ketika digunakan sudah tidak ada kontaminasi kuman. Begitu pula bila celana dalam terkena bercak darah mens, harus dicuci sampai bersih, karena darah merupakan media perkembangan kuman yang baik, bila tidak bisa menjadi sumber kuman ketika digunakan dan menyebabkan keputihan.

Keputihan ada yang normal dan ada pula yang tidak normal, tolok ukur kapan harus ke dokter mengenai daerah kewanitaan adalah bila mengalami keputihan yang gatal, berbau, dan berubah warna bahkan ada bercak darah. Keputihan sebaiknya tidak disepelekan, karena bila mengalami infeksi, infeksi bisa saja menyebar ke organ dalam kewanitaan lain. 

Demikian jawaban kami mengenai mengganti celana dalam untuk satu hari. Semoga bermanfaat

21 Dec 2018, 08:38 WIB