Pengobatan Batu Ginjal

Info Penanya, pria 34 Tahun

Sebelumnya kenalkan saya Candra, akhir akhir ini sering sakit di pinggang sebelah kiri lalu saya minum rebusan daun kumis kucing dan minum juga kapsul keji beling yg saya beli di apotik gak lama beberapa hari air kencing saya keruh dan agak berdarah, yang mau saya tanyakan apakah ini berbahaya mengingat saya pernah kencing batu.Mohon petunjuknya obat untuk menghancurkan batu ginjal yang saya derita makasih sebelumnya.

23 Dec 2018, 17:51 WIB
dr. Astrid Wulan Kusumoastuti
dijawab oleh: dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

Terima kasih telah bertanya seputar Pengobatan Batu Ginjal menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.com

Sebelumnya izinkan kami menjelaskan sedikit mengenai batu ginjal. Batu ginjal merupakan massa keras yang terbentuk dari pengendapan kristal yang ada di urin. Terapi yang diberikan bagi penderita batu ginjal perlu disesuaikan dengan ukuran batu yang terbentuk.

Untuk kasus batu ginjal yang berukuran 4 mm atau kurang, pada sekitar 90% kasus batu dapat keluar dengan sendirinya melalui urin. Pasien perlu meningkatkan asupan minumnya, menjadi 2-3 liter/hari, untuk mempercepat proses pengeluaran batu tersebut. Observasi proses pengeluaran batu melalui urin dapat dilakukan selama 30 hari, untuk melihat apakah batu dapat keluar dengan sendirinya sebelum diputuskan untuk dilakukan intervensi bedah. Terkadang beberapa obat-obatan dapat diresepkan oleh dokter untuk mempercepat pengeluaran batu ginjal yang berukuran kecil. Disamping itu, dokter dapat memberikan obat-obatan untuk menghilangkan rasa sakit akibat sumbatan batu ginjal. Pemberian obat penghilang rasa sakit melalui mulut (oral) hanya efektif untuk menghilangkan rasa sakit yang tidak terlalu berat.

Namun, untuk batu yang berukuran lebih dari 6 mm perlu dilakukan intervensi lebih lanjut untuk mencegah komplikasi yang lebih berat. Tindakan-tindakan pengeluaran batu dapat dilakukan tanpa pembedahan, yaitu dengan ESWL (menggunakan getaran gelombang untuk memecahkan batu ginjal dalam tubuh), atau dengan tindakan pembedahan. Tindakan ESWL merupakan tindakan yang tergolong aman karena bukan merupakan tindakan yang melibatkan pembedaha, dilakukan dari luar tubuh.

Baca juga:

batu ginjal

Mengungkap Fakta di Balik Batu Ginjal Berulang

Kapan Batu Ginjal Harus Dioperasi?

Demikian informasi seputar Pengobatan Batu Ginjal yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

23 Dec 2018, 17:51 WIB