Apakah ereksi dan ejakulasi di luar menyebabkan kehamilan?

Info Penanya, wanita 19 Tahun

Kemarin saya abis behubungan sex dengan suami saya ,tapi saya ingin menunda karna saya masih ingin melanjutkan kuliah saya,jadi saya abis mandi bareng sama suami saya terus suami saya keluar spermanya diluar tanpa menyentuh sama sekali vagina saya,lalu suami saya saat sedang bersabunan lalu saya sama suami saya bersentuhan dan penisnya menyentuh tanpa memasukan penisnya apakah bisa menimbulkan kehamilan dok?

24 Dec 2018, 18:26 WIB
dr. Nabila Viera Yovita
dijawab oleh: dr. Nabila Viera Yovita

Terima kasih telah bertanya seputar apakah ereksi dan ejakulasi di luar menyebabkan kehamilan melalui fitur Tanya Dokter.

Penting sekali untuk anda mengetahui bahwa kehamilan tidak dapat terjadi jika sperma tidak bertemu dengan ovum, yakni jika tidak ada kontak penis masuk ke dalam vagina dan mengeluarkan cairan ejakulasi. Dalam kasus anda, tidak mungkin anda hamil jika tidak ada hubungan badan seperti yang sudah dijelaskan. Mohon dipahami agar wawasan tersebut dapat anda pahami sendiri serta diberitahu kepada teman sepantaran agar tidak salah paham karena banyak sekali yang mengira, misalnya dengan berciuman dan berpelukan saja atau karena kemaluan pria menempel pada anda dan terjadi ereksi, anda tidak akan hamil.

Jika anda ingin menunda memiliki anak sebaiknya menggunakan kontrasepsi saja. Banyak opsi seperti dari yang paling mudah yakni menggunakan kondom, atau kontrasepsi hormon menggunakan pil maupun suntik, hingga penggunaan alat KB dalam rahim (intrauterine device). Konsultasilah ke dokter kebidanan dan kandungan yang mana yang anda inginkan serta yang cocok dengan gaya hidup anda.

 

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai apakah ereksi dan ejakulasi di luar menyebabkan kehamilan. Semoga bermanfaat. Salam.

 

24 Dec 2018, 18:26 WIB