Penis Gatal dan Berbau Tidak Sedap

Maaf dok saya mau nanya apakah boleh mencuci penis dgn air rebusan sirih,,sbab di sekitaran penis saya sering gatal2 dan mnimbul kn bau yg tak sedap????

Lihat Selengkapnya
pria, 23 Tahun25 Des 2018, 08:32 WIB

dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons

Dijawab oleh:

dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Adanya gatal dan bau tidak sedap pada penis dapat terjadi akibat infeksi yang dikenal dengan nama balanitis. Balanitis merupakan peradangan pada daerah glans penis (kepala penis). Balanitis sering ditemukan pada laki-laki yang belum disunat akibat hygiene yang buruk atau akibat iritasi oleh smegma. Penyebab balanitis yang tersering adalah infeksi jamur. Disamping akibat jamur, balanitis dapat juga disebabkan oleh infeksi bakteri aerob, anaerob, virus, parasite, dll

Bagaimanapun, perlu dilakukan evaluasi lebih lanjut untuk memastikan dugaan diagnosis tersebut. Lebih lanjutnya Kami sarankan sebaiknya Anda segera mengunjungi dokter spesialis kulit dan kelamin untuk mendapat tatalaksana yang lebih optimal. Apabila terbukti adanya infeksi, Anda akan mendapatkan terapi sesuai kuman penyebab.

Disamping memberikan obat-obatan untuk menghilangkan penyebab, untuk menangani balanitis perlu juga dilakukan irigasi untuk membersihkan smegma dari lapisan bawah kulit preputium. Dianjurkan untuk dilakukan sirkumsisi (sunat, bila belum) pada penderita balanitis untuk mencegah berulangnya infeksi tersebut.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

Pengobatan Balanitis

Dijawab oleh:dr. Andika Widyatama

Ujung Penis Hitam dan Gatal

Dijawab oleh:dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

Penis Gatal

Dijawab oleh:dr. Resthie Rachmanta Putri. M.Epid

Penis Gatal

Dijawab oleh:dr. Sepriani Timurtini Limbong

Kulit Penis Kering

Dijawab oleh:dr. Sepriani Timurtini Limbong

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk