KB Pasca Nifas

Dok saya mau bertanya, saya baru abis melahirkan, masa nipas saya dpt kurang lebih 40 hari, setelah itu saya berhubungan intim bersama suami dan belom menggunakan kb tp saya ibu yang menyusui secara ekslusif. Pada bulan berikutnya saya belom juga haid dok saya cemas apakah saya kembali isi lgi atau tidak, saya tes hasil nya satu garis. Apakah saya bole pakai kb walaupun haid pertama saya belom keluar tp sdh melakukan hubungan intim.. Mohon di jawab dok, terima kasih

Lihat Selengkapnya
wanita, 27 Tahun26 Des 2018, 09:25 WIB

dr. Atika

Dijawab oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Bila Anda khawatir dapat terjadi kehamilan, sebaiknya Anda menggunakan KB. Bila Anda menyusui secara ekslusif, maka pilihan KB nya akan berbeda dari pilihan KB orang biasa. Anda tidak boleh menggunakan KB yang bisa mengganggu produksi ASI Anda. 

Adapun pada ibu yang memberikan ASI ekslusif mendapatkan efek KB dari menyusui itu. Oleh sebab itu menstruasi Anda belum juga kembali. Nama teknik ini disebut sebagai amenorea laktasi (MAL). Namun, ketika proses menyusui berkurang, misalnya bayi telah mulai makan, maka efek kontrasepsinya akan berkurang. 

Adapun bila saat ini tes nya hanya bergaris 1, maka itu artinya negatif dan tidak hamil.

Bila Anda ingin proteksi yang lebih meyakinkan, silahkan lihat berbagai macam kontrasepsi yang bisa Anda gunakan di masa menyusui:

1. Metode Amenorea Laktasi (MAL)

Metode kontrasepsi yang menjadikan laktasi (menyusui) sebagai kontrasepsi alami, memiliki efektifitas 98% dalam mencegah kehamilan. Pada saat menyusui, hormon prolaktin akan menekan ovulasi (pelepasan sel telur dari ovarium) sehingga dapat mencegah kehamilan. MAL dapat digunakan sebagai kontrasepsi dengan beberapa syarat, yaitu:

Memberikan ASI eksklusif, tidak memberikan makanan atau minuman apapun selain ASI kepada bayiASI diberikan sesering mungkin, setiap bayi meminta, minimal 8x/hari (setiap 4 jam)Belum mendapatkan menstruasi setelah melahirkanBayi berusia kurang dari 6 bulanJika bayi sudah berusia dari 6 bulan, dan frekuensi menyusui menurun, maka risiko kehamilan meningkat dan sebaiknya menggunakan metode kontrasepsi tambahan.

2. Alat Kontrasepsi Dalam Rahim (AKDR)/spiral

AKDR memiliki manfaat sebagai alat kontrasepsi dalam jangka panjang, yaitu 5-10 tahun. AKDR tidak memiliki pengaruh terhadap ASI. Pemasangan AKDR dapat segera dilakukan pada masa nifas tanpa harus menunggu menstruasi.Pemasangan AKDR disarankan setelah 4  minggu masa nifas untuk mengurangi risiko ekspulsi (keluarnya AKDR dari rahim).

3. Pil progestin/ minipil

Penggunaan minipil dapat dimulai kapanpun setelah melahirkan.

4. Implan

Implan dapat bertahan hingga 3 tahun. Penggunaan implan dapat dilakukan 3 minggu setelah melahirkan.

5. Suntik progesteron

Dilakukan setiap 3 bulan. Jika Anda menggunakan kontrasepsi hormonal progesteron, kesuburan tidak akan kembali secara langsung setelah penghentian, namun membutuhkan beberapa bulan setelah injeksi terakhir untuk mengembalikan kesuburan. Jadi, jika Anda memiliki rencana untuk hamil dalam waktu cepat, metode kontrasepsi ini mungkin bukan menjadi pilihan terbaik.

6. Kondom

Terdapat dua jenis kondom, yaitu kondom untuk pria dan kondom untuk wanita. Kondom untuk wanita memiliki cara kerja yang sama yaitu mencegah masuknya sperma ke dalam vagina.

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

Lepas KB

Dijawab oleh:dr. Adeline Jaclyn

Ingin ganti kb suntik ke pil kb

Dijawab oleh:dr. Adeline Jaclyn

Benjolan Payudara pada Ibu Menyusui

Dijawab oleh:dr. Sara Elise Wijono MRes

Belum Hamil Setelah Lepas KB

Dijawab oleh:dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons

Flek Setelah Suntik KB

Dijawab oleh:dr. Sepriani Timurtini Limbong

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk