Nyeri bekas suntikan paska imunisasi

Info Penanya, wanita 28 Tahun

Ass dok.. Dok saya mau tanya anak saya habis imunisasi DPT lanjytan di pahanya tapi gak ada bengkak atau merah tapi anakk saya mengeluh sakit di kaki untuk jalan dan main2 aja jadi mlas dia dok karna sakit?? Gimna ya dok penanganan nya...

27 Dec 2018, 13:03 WIB
dr. Melyarna Putri
dijawab oleh: dr. Melyarna Putri

Terimakasih Anda telah bertanya mengenai nyeri paska imunisasi, 

Sebelumnya, mohon maaf atas keterlambatan penjawaban pertanyaan Anda. Menurut keluhan yang Anda berikan, anak Anda menderita KIPI (kejadian Ikutan Paska munisasi). KIPI ialah gejala-gejala yang timbul setelah imunisasi, seperti demam dan kemerahan, memang dapat terjadi atau tidak. 

Gejala KIPI yang disebabkan induksi vaksin umumnya sudah dapat diprediksi terlebih dahulu karena merupakan reaksi simpang vaksin dan secara klinis biasanya ringan. Jenis KIPI dapat terbagi atas :

Reaksi Lokal : nyeri di tempat suntikan, bengkak-kemerahan di tempat suntikan

Reaksi Sistemik : demam, ruam kemerahan, konjungtivitis (radang pada selaput mata), pembengkakan kelenjar parotis (kelenjar ludah di daerah rahang bawah), gelisah, lemas

 

Saat ini yang dapat Anda lakukan ialah mengompres bekas suntikan dengan air hangat serta imbangi aktivitas anak sesuai yang dapat dilakukan ketika nyeri masih dirasakan. Bila dalam waktu tiga hari tidak mengalami perbaikan maka segera berkonsultasi kepada dokter anak Anda agar mendapatkan pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai nyeri paska imunisasi, semoga bermanfaat.

27 Dec 2018, 13:03 WIB