Belum Haid Sejak Lepas KB

Info Penanya, wanita 32 Tahun

Selmat pagi dokter, saya seharusnya suntik kb tgl 8 des kemarin tp saya tdk kb lagi dan sampai sekarang sy blm haid, tp di tes peck jg hasilnya negatif, apakah ith krn pengaruh dr sy berhenti kb?

05 Jan 2019, 00:48 WIB
dr. Sepriani Timurtini Limbong
dijawab oleh: dr. Sepriani Timurtini Limbong

Terima kasih sudah bertanya mengenai post pill amenore melalui fitur Tanya Dokter

Amenorea sekunder adalah tidak terjadinya menstruasi selama 3 siklus (pada kasus oligomenorea atau jumlah darah menstruasi sedikit), atau 6 siklus setelah sebelumnya mendapatkan siklus menstruasi biasa. Post-pill amenore, adalah kondisi tidak kembalinya haid setelah menggunakan  KB hormonal. Kondisi ini terjadi karena penekanan produksi hormon dalam tubuh, karena penggunaan KB.  Umumnya kasus ini normal karena pill memang bisa mengakibatkan penundaan kembalinya siklus haid dan akan kembali dalam beberapa bulan. Dalam kondisi ini darah haid memang tidak di produksi, jadi Anda tidak perlu khawatis.  Akan tetapi, bisa juga ada masalah yang baru muncul saat tengah menggunakan kontrasepsi.

Faktor-faktor risiko terjadinya amenore sekunder antara lain:

Aktivitas fisik yang terlalu berat (ekstrem)Terlalu kurus (lemak tubuh kurang dari 15 – 17%). Keadaan ini mempengaruhi proses pembentukan hormon. Jika seorang perempuan mengalami kelainan makan, seperti anoreksia atau bulimia, perubahan hormonal yang disebabkan dapat berujung pada berhentinya menstruasi.Obesitas. Adanya jaringan lemak yang berlebih pada seorang yang mengalami obesitas juga mempengaruhi proses ovulasi (pengeluaran sel telur dari indung telur).Stress psikis. Stress dapat mempengaruhi fungsi hipotalamus sehingga menstruasi berhenti. Karena itu jika stress berkurang, menstruasi muncul kembali.Penggunaan obat-obatan tertentu seperti antidepresan, antipsikotik, obat kemoterapi, kortikosteroid oral, KB.Masalah pada organ reproduksi wanitaTerkait kondisi Anda maka ada banyak kemungkinan yang bisa berkaitan dengan hal tersebut. Diperlukan evaluasi yang menyeluruh dari riwayat pengobatan Anda bahkan pemeriksaan kesehatan organ reproduksi Anda. Saran kami Anda kembali kontrol pada dokter Anda untuk evaluasi lebih lanjut.

Demikian informasi kami sampaikan mengenai post pill amenore, semoga bermanfaat.

05 Jan 2019, 00:48 WIB