Obat Alergi Meningkatkan Kadar Gula Darah?

Info Penanya, wanita 50 Tahun

Dok, saya penderita DM sdh hampir setahun dg hba1c awal 11,1, setelah terapi insulin skr hba1c turun menjadi 7,6 Tp akhir2 sy sering mengkonsumsi obat biduran, setelah saya cek hba1c saya naik lg jd 8, Pertanyaan saya apakah obat biduran bs meningkatkan kadar gula ?

07 Jan 2019, 08:42 WIB
dr. Devia Irine Putri
dijawab oleh: dr. Devia Irine Putri

Terimakasih sudah bertanya seputar hubungan obat alergi dan kadar gula darah dengan menggunakan fitur Tanya Dokter dari Klikdokter.com

Obat alergi apa yang Anda minum? Apakah golongan antihistamin seperti loratadine/cetirizine/CTM? Atau apakah dikombinasikan dengan golongan kortikosteroid seperti dexamethasone atau methiplrednisolone? 

Obat golongan antihistamin (loratadine, cetirizine, CTM) berguna untuk mengurangi gatal, tetapi tidak berhubungan dalam meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh. tetapi, apabila Anda mengkombinasikan obat alergi dengan obat golongan kortikosteroid (yang berguna untuk mengurangi peradangan), kadar gula darah Anda dapat meningkat. 

Selain faktor obat - obatan, kadar gula darah juga dipengaruhi oleh pola makan sehari - hari. Bagaimana pola makan sehari - hari Anda? Apakah diimbangi dengan berolahraga rutin?

Jika Anda sering merasakan gatal - gatal pada tubuh, mungkin saja Anda alergi terhadap sesuatu hal. Ada baiknya Anda berkonsultasi ke dokter Anda agar dilakukan pemeriksaan alergi sehingga pemberian obat pun tepat mengingat Anda memiliki DM. Dan hati - hati pula dalam mengkonsumsi obat bebas yang dibeli di apotek. 

Demikian informasi yang dapat diberikan, semoga bermanfaat. Salam sehat. 

07 Jan 2019, 08:42 WIB