Mimpi Kejadian Masa Lalu 07 Januari 2019 - Tanya Dokter Klikdokter.com
searchtext customer service

Mimpi Kejadian Masa Lalu

Hallo dokter... Sudah hampir 1 tahun belakangan ini saya sering mimpi tentang orang-orang di masa lalu. seperti bermimpi bertemu teman saat kecil atau teman saat SMP / SMA dulu yang sekarang sudah tidak pernah bertemu. Setting tempat mimpi saya juga berada di masa lalu seperti rumah pada saat saya masih kecil dulu. Padahal ketika saya hendak tidur atau di keseharian saya tidak pernah memikirkan atau mengingat teman-teman saya yg dulu. Kondisi ini cukup menggangu karena ketika saya terbangun perasaan saya sedih dan merasa rindu dengan teman teman masa lalu namun rasa itu hanya sebentar. Bagaimana tanggapan dokter tentang hal yg mengenai saya sekarang ini? Terimakasih.

Lihat Selengkapnya
pria, 21 Tahun07 Jan 2019, 08:50 WIB

dr. Atika

Dijawab oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Mimpi merupakan cerita atau gambaran yang diciptakan oleh pikiran kita saat tidur. Mimpi dapat terjadi kapan pun saat tidur. Sebagian mimpi terjadi pada saat tidur dalam dan REM (rapid eye movement), dimana otak dalam kondisi paling aktif saat itu. Beberapa ahli mengatakan bahwa pada umumnya kita bermimpi selama 4 – 6 jam setiap harinya.

Ada banyak teori mengenai penyebab mimpi, namun tidak ada satu pun yang pasti. Beberapa peneliti mengatakan bahwa mimpi tidak memiliki tujuan atau arti. Namun beberapa ahli lain mengatakan bahwa mimpi penting untuk kesehatan mental, emosional, dan fisik.

Mimpi juga dikatakan dapat membantu kita memproses emosi, menyelesaikan masalah, dan menyatukan memori. Jika kita tidur dalam kondisi stres atau ada masalah, Anda akan bangun besoknya dengan perasaan yang lebih baik atau bahkan mungkin dengan sebuah solusi untuk masalah Anda. Meskipun begitu belum ada yang dapat memastikan alasan kenapa bisa muncul mimpi.

Ada banyak pendapat mengenai arti mimpi, ada yang mengatakan mimpi tidak ada hubungannya dengan kehidupan nyata. Namun ada pula ahli yang mengatakan bahwa mimpi merupakan nrefleksi dari pikiran dan perasaan kita yang paling dalam.

Mimpi berupa dikejar-kejar, jatuh ke jurang, atau mimpi buruk lainnya bisa disebabkan oleh perasaan stres atau cemas yang sedang kita alami saat itu. Mimpi buruk biasanya terjadi akibat perasaan takut, stres, trauma, masalah emosional, penyakit, atau konsumsi obat tertentu.

Bagaimana dengan kondisi perasaan dan emosi anda saat sebelum tidur? Apakah sehari-harinya pikiran mengenai mimpi melihat kejadian di masa lalu ini sering Anda pikirkan?

Jika kondisi ini menyebabkan ketidaknyamanan yang sangat berat, maka Anda dapat berkonsultasi pada dokter psikiatri. Bila tidak terlalu berat, kami sarankan agar Anda menghadapinya dengan tenang dan tidak terlalu memikirkannya secara berlebihan.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

Sering Bermimpi Yang Sama

Dijawab oleh:dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat