Benjolan Bernanah di Batang Kemaluan

Info Penanya, pria 23 Tahun

saya mau bartanya dok saya mempunyai benjolan kecil bernanah cair dibatang kemaluan saya apa bila dipegang, terasa nyeri sedikit dulu pernah begitu, lalu lama kelamaan jadi seperti koreng terus sembuh sekarang muncul lagi disebelahnya persis bekas yg dulu dok seperti itu apakah bahaya apa tidak.? dan cara menanganinya bagaimana.? mohon dijawab dok terima kasih

07 Jan 2019, 09:09 WIB
dr. Atika
dijawab oleh: dr. Atika

Terimakasih telah bertanya tentang benjolan di penis melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Keluhan Anda mengenai benjolan pada penis, pasti sangat mengganggu Anda.

Kelainan kulit akan lebih baik jika didiagnosis melalui pemeriksaan langsung karena sulit bagi kami untuk menentukan diagnosis dengan informasi yang terbatas. Misal, diperlukan informasi seperti lokasi tepat, jenis lesi kulit, luasnya dan bentuknya, dll.

Benjolan pada penis dapat terjadi disebabkan oleh berbagai hal seperti infeksi (misalnya akibat hubungan seksual yaitu penyakit menular seksual), kutil, moluskum, kista, pembesaran kelenjar getah bening penis, pembesaran pembuluh darah vena, ataupun yang berat seperti tumor (jinak/ganas).

 

Apakah sebelumnya Anda memiliki riwayat menjalani hubungan seksual tidak terproteksi, atau berganti-ganti pasangan? Bila Ya, ada kemungkinan bahwa bernjolan bernanah yang Anda alami adalah akibat penyakit Infeksi Menular Seksual (IMS) , contohnya gonore/ raja singa. Namun tetap saja untuk memastikannya harus diperiksa terlebih dahulu. Diagnosis ini makin meyakinkan bila Anda juga merasa adanya gejala nyeri saat berkemih, keluar nanah pada kemaluan, dll.

Untuk memastikan tentunya Anda harus memeriksakan alat kelamin Anda pada dokter spesialis kulit dan kelamin. Dari sana, akan ditentukan pemeriksaan lanjutan atau pengobatan yang sesuai. Karena pemeriksaan fisik secara kasat mata tetap memegang peranan yang penting dalam diagnosa penyakit kulit dan kelamin. Jangan khawatir untuk berobat ke dokter, karena akan lebih baik jika diperiksakan sehingga jika terdapat kelainan yang lebih serius dapat diobati lebih dini.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang benjolan di penis. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam, 

07 Jan 2019, 09:09 WIB