Gangguan siklus menstruasi akibat ujian

Info Penanya, wanita 18 Tahun

Dokter, saya mau bertanya. Haid saya tidak teratur mulai awal tahun. 16-21 Desember. 27 Januari-1 Februari. 23 Feb - 2 Maret. Lalu tgl 4 April keluar beberapa tetes darah berwarna gelap dan menggumpal. badan saya terasa sakit semua dan susah tidur. Selama 2 bulan ini saya sibuk ujian. Darah yang keluar apa termasuk darah haid ? Kenapa berwarna gelap ?

07 Jan 2019, 21:29 WIB
dr. Nabila Viera Yovita
dijawab oleh: dr. Nabila Viera Yovita

Terima kasih telah bertanya seputar gangguan siklus menstruasi akibat ujian menggunakan fitur Tanya Dokter.

 

Adapun gangguan siklus menstruasi umumnya terjadi akibat gangguan keseimbangan hormonal, yang dapat disebabkan oleh beberapa keadaan, antara lain:

- Pada 3-5 tahun pertama setelah haid pertama

- Individu dengan gangguan makan (seperti anorexia nervosa, bulimia)

- Individu dengan indeks massa tubuh (IMT) > 30

- Malnutrisi (kurang gizi)

- Stres psikologis

- Atlet

- Kekurangan vitamin K

- Penggunaan obat-obatan tertentu

- Kelainan pembekuan darah

- Gangguan hormon tiroid

Dan lain sebagainya. Selain gangguan hormonal, dapat juga terjadi gangguan organ kandungan. Untuk memastikannya, dapat dilakukan pemeriksaan USG kandungan.

 

Untuk kasus anda, kemungkinan penyebab dari gangguan siklus serta durasi dan konsistensi menstruasi anda dikarenakan stress psikologis akibat ujian dengan durasi lama. Sebelum hal tersebut terjadi, juga sudah dipengaruhi dari pikiran dikarenakan ujian yang akan dihadapi akan dimulai. Biasanya, darah yang berwarna gelap beberapa hari kemudian akan berubah menjadi terang seperti darah menstruasi yang biasa anda lihat. Hal tersebut normal, dikarenakan darah yang keluar tersebut tertahan di dalam dan tidak dikeluarkan segera dari dalam tubuh. Dapat terjadi pada masa awal serta akhir menstruasi.

 

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai gangguan siklus menstruasi akibat ujian. Semoga bermanfaat. Salam

 

07 Jan 2019, 21:29 WIB