Benjolan di Pangkal Penis

Info Penanya, pria 22 Tahun

Saya mau bertanya dok. Tumbuh sebuah benjolan kira-kira 1cm pada daerah bulu kemaluan, lebih tepatnya dekat dengan pangkal penis. Kalau dipegang rasanya sakit, nyeri. Tersenggolpun juga sakit. Tidak gatal. Sudah 2 hari ini diameter benjolan tidak bertambah. Sangat mengganggu aktivitas saya. Mohon diberi pencerahan dan kalau ada obat pereda rasa sakit, apa yg harus saya konsumsi. Terimakasih

09 Jan 2019, 06:49 WIB
dr. Astrid Wulan Kusumoastuti
dijawab oleh: dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

Terima kasih telah bertanya seputar Benjolan di Pangkal Penis menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.com

kami memahami kekhawatiran Anda. Sulit bagi kami untuk mendiagnosis sebuah benjolan tanpa melakukan pemeriksaan fisik karena kami membutuhkan informasi seperti letak tepatnya, besarnya benjolan, permukaannya, apakah sewarna kulit, apakah dapat digerakkan atau tidak, sudah berapa lama. Sebaiknya Anda periksakan langsung dengan dokter untuk memastikan diagnosa.

Di daerah sekitar penis, benjolan paling sering disebabkan karena pembesaran kelenjar getah bening. Namun, benjolan juga dapat disebabkan karena hal lain seperti kista atau bisul baik kecil atau besar. Selain itu, umumnya benjolan pada penis disebabkan oleh adanya infeksi akibat hubungan seks pada pria. Jika Anda merasakan perih pada daerah benjolan, mungkin karena adanya iritasi akibat gesekan yang terjadi.

Untuk itu, kami sarankan Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis kulit dan kelamin untuk wawancara medis lengkap, pemeriksaan fisik lengkap dan pemeriksaan penunjang yang dibutuhkan. Setelah diagnosis ditentukan maka Anda dapat mendiskusikan pilihan penanganan yang ada dengan dokter Anda.

Demikian informasi seputar Benjolan di Pangkal Penis yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,                   

09 Jan 2019, 06:49 WIB