Gangguan siklus menstruasi disertai keputihan

Info Penanya, wanita 18 Tahun

Malam dok.. Nama saya Sifa berusia 18 tahun dan saya belum menikah , saya sudah telat haid selama 1 bulan lebih. Dan saya sudah lama sering keputihan yang banyak setiap hari dan membuat saya tidak nyaman untuk setiap harinya dengan cd saya yang selalu basah setiap saat.. Terima kasih dok..

09 Jan 2019, 22:15 WIB
dr. Nabila Viera Yovita
dijawab oleh: dr. Nabila Viera Yovita

Terima kasih telah bertanya seputar gangguan siklus menstruasi disertai keputihan menggunakan fitur Tanya Dokter.

Telat datang bulan memang salah satu tanda kehamilan, namun tidak pasti. Siklus haid memang dapat maju atau mundur, tidak selalu tepat waktu.

Siklus menstruasi normalnya berkisar antara 21-35 hari dan berlangsung selama 3-7 hari. Bagaimana dengan siklus haid anda selama ini? 

Adapun gangguan siklus menstruasi umumnya terjadi akibat gangguan keseimbangan hormonal, yang dapat disebabkan oleh beberapa keadaan, antara lain:

- Pada 3-5 tahun pertama setelah haid pertama

- Individu dengan gangguan makan (seperti anorexia nervosa, bulimia)

- Individu dengan indeks massa tubuh (IMT) > 30

- Malnutrisi (kurang gizi)

- Stres psikologis (seperti adanya yang sedang dipikirkan akhir-akhir ini, ada masalah, disadari maupun tidak)

- Atlet

- Kekurangan vitamin K

- Penggunaan obat-obatan tertentu

- Kelainan pembekuan darah

- Gangguan hormon tiroid

 

Apakah anda baru menggunakan KB akhir-akhir ini atau mengalami perubahan metode KB? Hal tersebut juga dapat mempengaruhi siklus serta durasi menstruasi anda. 

 

Mengenai keputihan yang banyak, dapat dilakukan kiat seperti penggantian pantyliner serta pembalut harus diganti setiap dirasa sudah terlalu basah, kira-kira per 3-4 jam. Jaga agar celana dalam juga diganti jka anda terlalu berkeringat. Selain itu, jaga hygiene pada kemaluan dengan membersihkan menggunakan air, sabun, serta lap kering setelahnya untuk mencegah kelembapan berlebihan sehingga jamur serta kuman lainnya tidak mudah berkembangbiak. Jika hal ini tidak membantu mengurangi keputihan yang anda alami, periksakan ke dokter agar dapat diberikan obat yang sesuai dengan penyebab keputihan tersebut.

 

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai gangguan siklus menstruasi disertai keputihan. Semoga bermanfaat. Salam

09 Jan 2019, 22:15 WIB