Apakah pil KB dapat membesarkan payudara?

Info Penanya, wanita 18 Tahun

Hallo dok, saya mau nanya. Nama saya monica jadi saya punya masalah sama payudara dan berat badan. Payudara saya kecil padahal saya sudah berusia 18 tahun dan saya tidak gemuk2 padahal saya rajin makan. Banyak yg bilang kalau pil KB dapat memperbesar payudara dan menggemukan badan. Nah, kalau saya mengkonsumsi pil KB apakah berbahaya atau tidak dan jenis pil Kb apa yang baik untuk memperbesar payudara dan menggemukan badan?

10 Jan 2019, 11:08 WIB
dr. Nabila Viera Yovita
dijawab oleh: dr. Nabila Viera Yovita

Terima kasih telah bertanya seputar apakah pil KB dapat membesarkan payudara menggunakan fitur Tanya Dokter.

 

Payudara yang membesar karena penggunaan KB hormonal hanyalah merupakan efek samping dari pil KB itu sendiri. Apabila sudah tidak menggunakan KB hormonal lagi, maka efek samping tersebut akan berhenti. Dengan menggunakan pil KB, efek sampingnya antara lain:

- Spotting atau keluarnya bercak-bercak darah di luar siklus menstruasi

- Menstruasi yang tidak teratur

- Rasa nyeri payudara

- Sakit kepala

- Mual

- Rasa kembung

- Peningkatan berat badan (sehingga harus meningkatkan aktivitas fisik)

- Tidak menstruasi (lebih sering pada KB suntik)

- Jerawat

 

Payudara terdiri atas jaringan lemak dan kelenjar. Rasio antara jaringan lemak dan kelenjar bervariasi di antara masing-masing individu. jadi apabila lemak yang tertumpuk di payudara hanya sedikit, wajar saja bila payudara berukuran tidak terlalu besar. Kondisi puting masuk bisa terjadi kongenital atau bawaan sejak lahir atau didapat.

Membesarkan payudara hanya dilakukan dengan indikasi tertentu. Paling mudah dan alami adalah dengan menambah berat badan agar tumpukan lemak di payudara meningkat, namun peningkatan ukuran payudara pun akan bervariasi. Dalam dunia kedokteran, hingga saat ini belum ditemukan cara-cara alami ataupun obat-obatan yang terbukti efektif untuk memperbesar ukuran payudara. Saat ini, beberapa terapi untuk memperbesar ukuran payudara yang terbukti efektif adalah dengan menggunakan cara-cara yang invasif seperti dengan melakukan bedah plastik, implantasi payudara, dengan memasukkan kantung silicon gel ke dalam payudara, sehingga payudara dapat besar, dengan ukuran disesuaikan dengan keinginan Anda tapi harus proposional. Untuk melakukan hal tersebut, Anda dapat berkonsultasi dengan Dokter Spesialis Bedah Plastik. Hal ini termasuk di dalam bedah plastik bagian estetik yang sebelumnya harus Anda pertimbangkan terlebih dahulu risiko serta keuntungannya. Jika hal ini tidak mempengaruhi percaya diri anda, kemungkinan besar tidak akan dilakukan pada usia muda.

 

Demikian yang dapat kami sampaikan seputar apakah pil KB dapat membesarkan payudara. Semoga bermanfaat. Salam.

 

10 Jan 2019, 11:08 WIB